DPMPTSP dan SAMSAT Jadi Lokus Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2021

Kontribusi dari Widia Natalia, 19 Oktober 2021 12:06, Dibaca 10 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menerima kunjungan kerja Tim Kedeputian Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PAN-RB RI) di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (19/10/2021). Kunjungan tersebut dalam rangka audiensi di Prov. Kalteng sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.


Dari Kementerian PAN-RB hadir Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa beserta Asisten Deputi Pelayanan Publik Noviana Andriana, Koordinator Pelayanan Publik Mulyanah, Sespri Deputi Ni Made Widya serta staf yakni Miftah Sayyid dan Triana Amelya. Dari Pemprov. Kalteng hadir Kepala Badan Pendapatan Daerah Prov. Kalteng H. Kaspinor, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Prov. Kalteng Suhaemi, Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prov. Kalteng Akhmad Husain serta Plt. Kepala Biro Organisasi Ahmad Toyib.

(Baca Juga : Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun, mari tanamkan hidup sehat sejak dini)

H. Edy Pratowo dalam laporannya menyampaikan dalam rangka upaya peningkatan kualitas pelayanan publik sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik khususnya di lingkungan Pemprov. Kalteng konsep pembangunan Daerah Prov. Kalteng sebagaimana Visi Kalteng Makin Berkah (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis). Bahwa kerangka kerja Kalteng Berkah adalah bertujuan dalam upaya mewujudkan masyarakat dan daerah yang bermartabat dan harmonis dalam proses membangun masyarakat yang kuat dan daerah yang elok dimana dilandasi dengan masyarakat yang religius dan pemerintahan yang amanah sebagai modal dasar pembangunan di Kalteng.

Terkait dengan Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2021, yang menjadi lokus evaluasi adalah di DPMPTSP Prov. Kalteng dan SAMSAT, yang dilaksanakan secara Desk Evaluation pada tanggal 1 september 2021. Hasil evaluasi Tahun 2020 dari Tim Kementerian PAN-RB, Nilai Indeks untuk DPMPTSP adalah 3,14 dan Nilai Indeks untuk UPT Badan Pendapatan Daerah Prov. Kalteng (SAMSAT Palangka Raya) adalah 2,09. Nilai Rata-Rata Pemda adalah 4,03 atau dikategorikan sangat baik.

Edy berharap, di Tahun 2021 ini ada peningkatan Kualitas pelayanan di 2 Lokus tersebut.


Selain itu, terkait dengan inovasi pelayanan publik Pemprov. Kalteng telah ikut berpartisipasi dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB, dimana Biro Organisasi selaku Admin Lokal Pemerintah Daerah yang akan mengelola usulan inovasi pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Daerah. Untuk SP4N Lapor Pemprov. Kalteng telah terhubung dari tahun 2018, dan saat ini dalam tahap penyusunan rencana aksi SP4N Lapor. Terakhir, terkait dengan Mall Pelayanan Publik di lingkungan Pemprov. Kalteng belum tersedia, namun kedepannya dalam upaya peningkatan Pelayanan Publik nantinya Pemprov. Kalteng melalui Biro Organisasi akan berkoordinasi dengan Kementerian PAN-RB terkait dengan Prosedur Pembentukan Mall Pelayanan Publik ini nantinya.(wdy/foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook