Kwarda Kalteng Kunjungi Kwarcab Kobar

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 15 Oktober 2021 16:46, Dibaca 1,449 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Kalteng melakukan kunjungan kerja ke Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Kotawaringin Barat (Kobar) pada Jumat (15/10/2021). Pada acara penyambutan tersebut, hadir sejumlah unsur Pimpinan Kwarcab Kobar dan anggota Dewan Kerja Cabang (DKC) Kobar.

Dalam pengantarnya, Ketua Kwarcab Kobar Aida Lailawati mengucapkan selamat datang di Sanggar Bakti Pramuka Kobar kepada para unsur pimpinan Kwarda Kalteng. “Kami mengucapkan selamat datang dan sekaligus ucapan terima kasih kepada kakak-kakak unsur Pimpinan Kwarda Kalteng yang telah berkenan hadir di Bumi Marunting Batu Aji,” ucap Aida.

(Baca Juga : Bupati Kobar Buka Musrembang Tingkat Kecamatan Kumai Tahun 2018)

Lebih lanjut, Aida Lailawati menyampaikan bahwa Kwarcab Kobar baru saja dilantik oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) beberapa waktu yang lalu. “Harapan kami, di kepengurusan Kwarcab Kobar yang sekarang ini dapat menunjukkan kinerjanya kepada semua pihak, sehingga kegiatan Kepramukaan di Kobar terlihat eksis dalam melaksanakan kegiatannya,” kata Aida.

“Selanjutnya kami dari Kwarcab Kobar meminta arahan dan saran dari Kakak-kakak agar keberlangsungan Kwarcab Kobar agar bisa sejajar dengan Kwarcab lainya terutama dalam semangat membangun kemajuan Gerakan Pramuka di Kobar,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Kalteng melalui Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Waka Binawasa) Bambang Mantikei memberikan arahan bahwa dalam Gerakan Pramuka dalam keikutsertaannya bersifat sukarela, tidak terkecuali pengurus Kwarcab Kobar sehingga dibutuhkan pengorbanan baik waktu, tenaga, pikiran maupun finansial sehingga kita dapat mengabdikan diri kepada Bangsa dan Negara, membangun dan mengembangkan karakter putera putri Indonesia ke depan.

“Jadi itu adalah sebuah tanggung jawab yang besar yang kita lakukan dengan sukarela,” kata Bambang Mantikei.

Lebih lanjut, ia mengatakan sangat bersyukur kepada pengurus Kwarcab Kobar yang dengan kesadaran diri mau menyisihkan waktu dari tugas pokok masing-masing untuk berperan serta aktif dalam membangun Gerakan Pramuka di Kobar.

“Tentu ke depan tantangan ini sangat berat, karena dengan kemajuan teknologi dan informasi bisa saja mereduksi dan menggerus nilai-nilai kebangsaan. Tentunya kita dituntut untuk memiliki jiwa patriotisme yang tinggi,” lanjutnya.

Sebagai penutup pengarahan dari Kwarda Kalteng, Wakil Sekretaris Kwarda Kalteng Norhani juga memberikan arahan bahwa dengan peringatan Hari Pramuka ke-60 yang mengambil tema ‘Berbakti Tanpa Henti’, anggota Gerakan Pramuka selama pandemi Covid-19 dituntut untuk menjadi Duta Perubahan.

“Kami minta kepada Kwarcab Kobar melalui DKC Kobar untuk mendata potensi Pramuka Kobar untuk menjadi Duta Perubahan,” kata Norhani.

Selain Duta Perubahan, menurutnya, anggota Gerakan Pramuka juga dituntut menjadi Pramuka Bela Negara yang salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membentuk Satgas Pramuka Peduli.

“Kami harap di Kobar juga bisa terbentuk Satgas Pramuka Peduli guna membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana dan pelestarian lingkungan hidup,” pungkasnya. (humas diskominfo/kwarcab kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook