Plt. Kadis Kominfosantik Agus Siswadi Buka Webinar Komunikasi Pemberdayaan KIM di Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 14 Oktober 2021 09:27, Dibaca 133 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Prov. Kalteng Agus Siswadi membuka secara resmi Webinar “Komunikasi Pemberdayaan KIM di Kalimantan Tengah”. Acara ini berlangsung terpusat di Gedung Smart Province (GSP) Diskominfosantik Prov. Kalteng, Kamis (14/10/2021).

Kegiatan ini dihadiri secara virtual oleh narasumber dari forum komunikasi KIM yakni Sekretaris Jenderal Forum KIM Nusantara Cak Boni. Hadir juga Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten/Kota beserta Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi serta KIM Binaan Kominfo Kabupaten/Kota se-Kalteng.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Tinjau Posko Pengendalian Transpotasi Laut Idul Fitri Tahun 2021/ 1442 H di Pelabuhan Sampit)

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Kominfosantik Kalteng menyampaikan webinar komunikasi pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kalteng bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya memilah dan menyebarkan informasi yang benar, khususnya informasi yang bernilai positif dan berdampak positif jika segera disebarluaskan dan dipertukarkan. Penyelenggaraan KIM sejatinya merupakan kebutuhan masyarakat itu sendiri. Dengan adanya KIM, diharapkan masyarakat akan lebih mudah mendapatkan informasi, diskusi hingga memecahkan berbagi masalah yang dihadapi secara bersama-sama.

Berbagai aktivitas yang dijalankan oleh KIM disebut sebagai “Adinda”, yang merupakan singkatan dari akses informasi (a), diskusi (d), implementasi (i), networking/jaringan (n), diseminasi (d), dan advokasi aspirasi (a). Tujuan mengakses informasi ialah untuk memperoleh informasi yang sesuai dengan kebutuhan anggota kelompok maupun masyarakat yang ada disekitarnya.

Dengan kemampuannya mengakses informasi, KIM bisa berperan serta sebagai penyebar informasi bagi anggotanya maupun bagi masyarakat sekitar. Akses informasi seputar teknologi pertanian terbaru akan bermanfaat positif bagi KIM yang para anggotanya petani di perdesaan. Selain itu, bisa juga dalam bentuk akses informasi pemasaran bagi pengusaha kecil yang tengah megembangkan usahanya.

Agus Siswadi berharap kepada Diskominfo Kabupaten/Kota agar tetap dapat menjadi koordinator pada KIM binaan pada Kabupaten/Kota masing-masing dan secara berkala mengagendakan kegiatan pertemuan walaupun secara online seperti ini sebagai sarana pembelajaran sekaligus ajang koordinasi KIM di tingkat Kabupaten/Kota.

Hadir di GSP Diskominfosantik Prov. Kalteng diantaranya Kepala Seksi Kehumasan Arbandigana selaku Moderator, Kepala Seksi Kemitraan Elyanie, Kepala Seksi Layanan Komunikasi Publik Suliwati, dan JFT. Pranata Humas Ferawati.(wdy/foto:Arif)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook