Jelang Hari Terakhir, Baru 40 Peserta Lulus TKD CPNS Kobar

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 16 November 2018 18:37, Dibaca 7 kali.


MMC Kalteng - Tes Kompetensi Dasar (TKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) hari ini masuk hari terakhir.

Hingga kemarin, menurut keterangan dari Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kobar, Aida Lailawati, baru 40 peserta yang lulus.

(Baca Juga : Meriahnya Perayaan Natal Lingkungan Sinai )

“Masuk hari keempat, kemarin, yang lulus berjumlah 40 orang. Kami syukuri karena memang sepertinya agak berat bagi peserta. Terkadang satu sesi yang lulus cuma satu dua saja, bahkan pernah tiga sesi itu tidak ada yang lulus sama sekali,” ujar Aida usai meninjau pelaksanaan test CPNS di Ruang CAT BKPP Kobar, Jum’at (16/11) pagi.

Melihat hal itu, kata Aida, jumlah tesebut sangat jauh dari jumlah formasi yang dibutuhkan oleh Pemkab Kobar. Namun, dia pun menjelaskan bahwa ini tidak hanya terjadi di Kobar saja. Hingga saat ini, BKPP Kobar masih menunggu keputusan dari pusat terkait rendahnya tingkat kelulusan di beberapa daerah.

“Dari 282 formasi yang tersedia, sampai hari kemarin baru terakomodir 40 orang. Yang jelas, rendah ini bukan hanya di Kobar saja, hampir seluruh Indonesia tingkat kelulusannya rendah. Kami menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat khususnya Kemenpan RB dan BKN, karena informasinya ada kebijakan yang akan diambil oleh pihak Kementerian. BKPP sendiri akan menyurati Pemerintah Pusat terkait dengan jumlah kelulusan di Kobar, juga kami akan koordinasi dengan BKD Provinsi, apakah nanti jadi satu dengan Provinsi  mengatasnamakan Kalteng atau masing-masing dari Kabupaten/Kota,” tutur Aida menjelaskan.

Karenanya, dia mengimbau kepada peserta agar selalu mengupdate informasi terkait hal tersebut. Terutama bagi peserta yang nilai tesnya mendekati passing grade. Sedangkan peserta yang dinyatakan lulus TKD agar mempersiapakan diri untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Setelah tes kami akan menyampaikan informasi-informasi kepada peserta, terutama peserta yang passing grade nya hampir mencapai. Kita sama-sama menunggu kebijakan dari Pemerintah Pusat. Kemudian untuk yang lulus, kami juga sampaikan agar persiapkan diri untuk seleksi selanjutnya. Juga, harapan kami peserta datang satu jam sebelum tes di BKPP, karena kami akan memberikan pengarahan, memotivasi, dan memberi contoh dalam pengisian soal,” terang Aida.  (Humas Diskominfo Kobar)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook