Pj. Sekda Buka Rakor Persiapan Pelaksanaan Seleksi PPPK Guru

Kontribusi dari Widia Natalia, 04 Oktober 2021 14:14, Dibaca 176 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pj. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin membuka secara resmi Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Guru Prov. Kalteng Tahun 2021. Rakor dilangsungkan di Swiss BelHotel Danum Palangka Raya, Minggu malam (03/10/2021).

Dalam sambutannya, H. Nuryakin mengatakan salah satu visi Pemerintah RI terfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia pada peningkatan kualitas pendidikan. Visi tersebut sejalan rancangan strategis Dinas Pendidikan Prov. Kalteng sebagai penyelenggara Pemerintahan di Dinas Pendidikan.

(Baca Juga : Dibuka Sejak 13 Agustus, Rumah Oksigen RSUD dr. Doris Sylvanus Layani Puluhan Masyarakat Pengguna Layanan)

H. Nuryakin juga mengatakan sehubungan dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Guru, kita patut menaruh harapan terhadap peningkatan kompetensi pendidik yang akan berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Kita patut menyambut baik kebijakan Pemerintah berupa penambahan nilai kompetensi teknis atau seleksi kompetensi PPPK Guru kepada 4 kategori pelamar yaitu pelamar yang memiliki sertifikat pendidik linier dengan jabatan yang dilamar, pelamar yang berusia di atas 35 Tahun dan berstatus aktif mengajar sebagai guru paling singkat 3 Tahun sampai saat ini, pelamar dari penyandang disabilitas yang sudah disertifikasi jenis dan derajat sesuai dengan jabatan yang dilamar, pelamar dari tenaga honor kategori THK-II dan aktif mengajar sebagai guru paling singkat 3 Tahun sampai saat ini.


Sebagaimana diketahui, panitia seleksi Nasional belum mengumumkan hasil seleksi Tahap I PPPK Guru Tahun 2021, yang semestinya diumumkan pada tanggal 24 September 2021 lalu. Diharapkan penundaan pengumuman ini adalah dalam rangka merumuskan keputusan terbaik yang akan lebih berpihak kepada peserta seleksi diantaranya mempertimbangkan usulan atau desakan komisi X DPR RI untuk memberikan konfirmasi nilai kompetensi teknis bagi pelamar pada kategori Daerah 3 T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal, Daerah pasca bencana dan konflik).

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng  A. Syaifudi dalam laporannya menyampaikan panitia pada pelaksanaan Kompetensi PPPK Guru Prov. Kalteng Tahun 2021 terdiri atas unsur Dinas Pendidikan Prov. Kalteng dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Kalteng. A. Syaifudi menyampaikan seleksi kompetensi Tahap I yang diperuntukan bagi tenaga honorer kategori THK-II sesuai dengan petanggalan data pada database pada Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta guru non ASN yang aktif mengajar di Sekolah Negeri dibawah kewenangangan Daerah Provinsi Kabupaten/Kota dan terdaftar di Dapodik adalah sebanyak 6.532 orang. Tempat Ujian Kompetensi (TUK) berada di 15 lokasi pada 14 Kabupaten/Kota se-Kalteng. Jumlah ini merupakan jumlah peserta pada jenjang pendidikan baik dibawah kewenangan Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Dari 6.532 peserta yang terdaftar pada seleksi kompetensi Tahap I, yang hadir sebanyak 6.287 orang dan sebanyak 254 peserta yang tidak hadir atau tidak mengikuti tahap I. Untuk tahap I ini, sebanyak 109 orang orang diberikan kesempatan megikuti ujian susulan. Dari 109 peserta yang mengikuti ujian susulan, yang hadir sebanyak 55 orang dan sisanya sebanyak 54 orang tidak hadir atau tidak mengikuti ujian susulan akan diundi dalam seleksi tahap-II. Selebihnya sebanyak 136 orang mengikuti seleksi tahap 2.  (wdy/foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook