Pj. Sekda Kalteng Hadiri Rakor SIPD

Kontribusi dari Widia Natalia, 30 September 2021 15:23, Dibaca 154 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pj. Sejretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin menghadiri Rapat Koordinasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Rakor dihadiri secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (29/9/2021).

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Mochamad Ardian Noervianto dalam arahannya menyampaikan pandemi Covid-19 memberikan pembelajaran, hikmah yang dangat luar biasa. Dari kacamata pendapatan, sektor PAD sangat terkontraksi adanya pandemi Covid-19.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Melepas Keberangkatan Tim Relawan Untuk Mengevakuasi Masyarakat yang Terdampak Banjir di Kalsel)

“Hanya ada 3 sektor yakni retribusi pengelolaan dari menara telekomunikasi pengendalian, retribusi pelayanan kesehatan dan retribusi pemakaman”, ucap Mochamad Ardian Noervianto.

Pada pertemuan ini, Mochamad Ardian Noervianto ingin memastikan kesiapan pemerintah daerah dalam menggunakan SIPD. Mochamad Ardian Noervianto berharap, pandemi Covid-19 tidak hanya bisa memperkenalkan terhadap pola kerja baru.

“Kita harus bisa mendorong bagaimana PAD ini lagi-lagi didekatkan dengan digitalisasi”, imbuhnya.

Ditengah pandemi saat ini, sangat penting interpensi digital didalam pengelolaan PAD. Dirjen Keuda sangat berharap kedepannya proses PAD bisa dilakukan secara digital.

“Proses SIPD kami akui selalu terus mengalami dinamika dan perubahan. Diharapkan SIPD bisa paripurna”, tambahnya.

Disampaikan juga, kebijakan elektronik Pemerintah Daerah di sektor PAD akan banyak implikasi pada Pemerintah Daerah.

Dirjen Bina Keuangan Daerah mengatakan pemerintah pusat sangat terbuka jika ada saran dan masukan terkait dengan implementasi SIPD. Dia berharap Pemerintah Daerah selalu menjalin kerja sama dan sinergi dengan Kemendagri terutama dalam implementasi SIPD.(wdy/foto:Fery)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook