Diskominfo Kalteng Lakukan Pembinaan KIM Sektor Kesenian Daerah

Kontribusi dari Rikah Mustika, 22 September 2021 14:56, Dibaca 169 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Dalam rangka Program Kerja Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Prov. Kalteng gelar kunjungan ke Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) binaan Pemerintah Kota Palangka Raya di Palangka Raya, Rabu (22/9/2021). Kunjungan ke sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan sektor kesenian daerah di Palangka Raya, tim Diskominfosantik Prov. Kalteng didampingi tim dari Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kota Palangka Raya.

Salah satu UMKM sektor kesenian daerah yang dikunjungi tim adalah Sanggar Seni Kahanjak Huang yang terletak di Jalan Perkutut Palangka Raya.  Sejak pandemi covid-19 menyerang banyak sektor usaha yang terdampak, salah satunya yang paling parah adalah bidang kesenian. Akibat pandemi, banyak kegiatan kesenian ditiadakan, karena berpotensi mengundang kerumunan.

(Baca Juga : Tingkatkan Imunitas Tubuh, ASN Lingkup BPBPK Prov. Kalteng Laksanakan Senam Pagi Bersama)

Kondisi ini tak menghentikan langkah Marini, ketua sanggar Kahanjak Huang untuk terus berkarya melalui seni tradisi daerah Kalteng. Bersama sanggar yang dimilikinya terus aktif melestarikan seni tradisi kearifan lokal, khususnya seni tarian Dayak Kalteng.

Marini mengatakan, “Untuk acara perkawinan adat yang biasanya menggunakan tari-tarian dan musik di masa pandemi banyak yang ditunda dan akhirnya kami refund uangnya. Sehingga untuk keseharian pendapatan sanggar seni didapatkan dari mengajar kelas private tari," pungkasnya.

“Meski tidak sesering sebelum adanya pandemi karena mengingat keadaan yang sekarang ini kami juga perlu mengambil job yang sesuai dengan protokol kesehatan. Namun Sanggar Kahanjak Huang tetap produktif dan jadwal latihan di sanggar tetap berjalan meski tidak rutin seperti dahulu,” imbuh Marini. (fr).

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook