GERMAS Perkuat Kepedulian Akan Pentingnya Kesehatan

Kontribusi dari Iin Carolina, 16 November 2018 20:09, Dibaca 10 kali.


Pemerintah Kota Palangka Raya terus mendukung agar masyarakat membangun pola hidup sehat, menjaga produktivitas hidup dan menciptakan lingkungan yang bersih.

Salah satu perwujudan dari upaya membangun pola hidup sehat itu yakni melalui program yang dinamai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

(Baca Juga : Apel Merupakan Upaya Komando Untuk Merefresh Kemampuan dan Pengetahuan)

Plt. Asisten I Sekda Kota Palangka Raya, Drs.Murni mengatakan rancangan Germas Kota Palangka Raya adalah sebagai upaya mendorong masyarakat untuk selalu peduli akan kesehatan dalam keluarga.

"Dinas terkait sebagai stakeholder dan barometer dalam pelaksanaan Germas ini harus mampu melaksanakannya secara berkelanjutan," kata Murni saat membacakan sambutan Walikota Palangka Raya pada kegiatan Pencanangan Germas di Halaman Kantor Walikota Palangka Raya, Jumat (16/11/2018).

Disampaikan masyarakat saat ini tengah menghadapi masalah kesehatan yang beragam mulai dari penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit penyakit lainnya, karena itu harus menjadi perhatian kita bersama.

Oleh sebab itu, dengan Germas ini sebagai salah satu tindakan sistematis dan terencana dilakukan secara bersama-sama seluruh komponen bangsa, guna mewujudkan kesadaran, meningkatkan kualitas hidup," paparnya.

Sementara itu ketua panitia Pencanangan Germas dari Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, dr.Dewi Rama menjelaskan, pihaknya bersama sama dengan SOPD terkait pembentukan Forum Komunikasi Lintas Sektor untuk mengkomunikasikan Germas tersebut.

"Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ino adalah awal untuk menuki hidup sehat dan untuk kualitas hidup yang terjaga," terangnya.

Disampaikan pula dalam Pencanangan Germas ini melibatkan berbagai SOPD untuk melakukan sejumlah kegiatan, seperti Senam Bersama, Pemeriksaan PTM seperti Cek Gula Darah, Tekanan Darah, Asam Urat, Kolesterol serta pemberian Imunisasi MR bagi peserta didik yang dibawah Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palangka Raya.

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook