Dinas TPHP Prov. Kalteng Kembali Raih Peringkat Pertama Evaluasi SAKIP Kemenpan RB RI Tahun 2021

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 07 September 2021 14:00, Dibaca 13 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Prov. Kalteng kembali meraih peringkat pertama Evaluasi SAKIP Kemenpan RB RI Tahun 2021. Evaluasi ini atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP-PD) Prov. Kalteng Tahun 2020. Evaluasi ini dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Kemenpan RB). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (7/9/2021) melalui Zoom Meeting di Ruang Rapat Dinas TPHP Prov. Kalteng, Jl.Willem A.S No.5 Palangka Raya, mulai pukul 14.00 WIB sampai selesai.

Perwakilan penilai dari Kemenpan RB RI yaitu Ananda JuarsaAk yang merupakan Analis Kebijakan Madya/Koordinator Perumusan Kebijakan Akuntablitas Aparatur Negara Kemenpan RB RI. Biro Organisasi Setda Prov. Kalteng dalam paparannya menyampaikan bahwa ada 7 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendapat nilai BB (Sangat Baik), meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya 6 (enam) OPD. Dalam Evaluasi SAKIP ini dilakukan kajian dan analisa terhadap dokumen perencanaan seperti Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kinerja Tahunan (RKT), dokumen Laporan Kinerja (LKIP) dokumen Perjanjian Kinerja (PK) dan dokumen pendukung lain yang dapat dijadikan referensi dalam menilai akuntabilitas kinerja Perangkat Daerah.

(Baca Juga : Lewat Program Kaka Asuh, Pemuda Kalteng Diberi Pelatihan Leadership dan Sociopreneurship)


Berdasarkan hasil evaluasi SAKIP – PD Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 700/64.8/LHE-LKIP/SEKRE-2/INSP Tanggal 17 Juni 2021, Dinas TPHP Prov. Kalteng memperoleh nilai 77,09 bobot BB (Sangat Baik)/sebagai peringkat pertama dan meningkat dibanding penilaian tahun sebelumnya yaitu 76,03 yang juga sebagai peringkat pertama lingkup OPD Prov. Kalteng. Nilai tersebut merupakan akumulasi penilaian terhadap seluruh komponen manajemen kinerja masing-masing Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dengan rincian Perencanaan Kinerja (30%), Pengukuran Kinerja (25%), Pelaporan Kinerja (15%), Evaluasi Internal (10%), dan Pencapaian Kinerja (20%).

Selanjutnya, Kepala Dinas TPHP Prov Kalteng Hj. Sunarti menyampaikan paparan laporan kinerja Dinas TPHP dalam Zoom Meeting tersebut. Kegiatan evaluasi ini juga diikuti oleh Muhajirin Akbar (Sekretaris Dinas TPHP) dan beberapa staf dari Subbag Penyusunan Program yang menangani urusan evaluasi dan pelaporan.

Seperti tahun sebelumnya, disampaikan bahwa Dinas TPHP Prov. Kalteng juga telah menetapkan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang dijabarkan dalam bentuk Kesepakatan Kinerja berjenjang dari Gubernur ke Kepala Dinas, Kepala Dinas ke Eselon 3 dan Eselon 3 ke Eselon 4. Kepala Dinas menambahkan, pada tahun 2020 yang lalu juga masih ada rasionalisasi anggaran tetapi pengawalan terhadap ketersediaan pangan semakin diintensifkan (AHS/Foto:Bayu Nugroho).

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook