Wagub Kalteng Hadiri Rakor Pembahasan Monev PPKM Level 4

Kontribusi dari Widia Natalia, 05 September 2021 14:32, Dibaca 23 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menghadiri Rapat Koordinasi Pembahasan Monitoring dan Evaluasi PPKM Level 4 di Luar Jawa Bali. Rakor dihadiri secara virtual melalui video conference dari Ruang Rapat Wagub Kalteng, Minggu (05/9/2021).


Rapat dipimpin secara langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Dalam arahannya, Airlangga Hartarto menyampaikan asesmen “Situasi Pandemi” di luar Jawa-Bali, menunjukan telah terjadi perbaikan dari minggu ke minggu selanjutnya.

(Baca Juga : Sahli Gubernur Herson B. Aden Buka Kegiatan Sosialisasi Kelembagaan Bina Spiritual Biro Kesra Setda Provinsi Kalteng)

Perkembangan level asesmen situasi pandemi di luar Jawa Bali per 3 September menunjukan, pada tingkat Provinsi, terjadi perbaikan level asesmen selama periode PPKM, dimana Provinsi Level 4 dari 11 Provinsi pada tanggal 13 Agustus menjadi 7 Provinsi pada tanggal 20 Agustus dan menjadi 2 Provinsi pada tanggal 03 September.

Perkembangan level asesmen situasi pandemi di luar Jawa Bali per 3 September menunjukan, pada tingkat Kabupaten/Kota, juga terjadi perbaikan level asesmen selama periode PPKM. Level Tingkat 4 dari 132 Kabupaten/Kota pada tanggal 08 Agustus menjadi 104 Kabupaten/Kota pada tanggal 20 Agustus dan menjadi 48 Kabupaten/Kota pada tanggal 03 September. Level Tingkat 3 dari 215 Kabupaten/Kota pada tanggal 08 Agustus menjadi 234 Kabupaten/Kota pada tanggal 20 Agustus dan menjadi 218 Kabupaten/Kota pada tanggal 03 September.

Level Tingkat 2 dari 39 Kabupaten/Kota pada tanggal 08 Agustus menjadi 47 Kabupaten/Kota pada tanggal 20 Agustus dan menjadi 118 Kabupaten/Kota pada tanggal 03 September. Level Tingkat 1 dari 0 Kabupaten/Kota pada tanggal 08 Agustus menjadi 1 Kabupaten/Kota pada tanggal 20 Agustus dan menjadi 2 Kabupaten/Kota pada tanggal 03 September.

Dari 34 Kabupaten/Kota yang menerapkan PPKM Level 4 di luar Pulau Jawa dan Bali pada PPKM saat ini pada tanggal 24 Agustus-24 September, terjadi perbaikan level asesmen, dimana 19 Kabupaten/Kota telah mengalami perbaikan (penurunan tingkat level asesmen), dari level tingkat 4 menjadi level tingkat 3/tingkat 2. Sedangkan, 15 Kabupaten/Kota lainnya masih dalam level asesmen 4, namun sejumlah indikator penanganan Covid-19 telah menunjukan perbaikan (kasus konfirmasi, kesembuhan, kematian, positivity-rate, BOR).

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono dalam laporannya menyampaikan belajar dari gelombang pandemi beberapa Negara Luar Negeri, kita perlu tetap waspada dan hati-hati. Perubahan perilaku khususnya implementasi protokol kesehatan dibantu teknologi digital akan dipercepat implementasinya. Kualitas pelaporan data perlu ditingkatkan, khususnya terkait dengan tingkat kematian yang tinggi.

Rakor dihadiri secara virtual oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. Wagub didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul dan Plt. Kalaksa BPB-PK Prov. Kalteng Erlin Hardi.(wdy/foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook