Cek Persiapan Pilkada 2020, Komisi II DPR RI Lakukan Pertemuan dengan Pemprov Kalteng

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 22 November 2019 10:53, Dibaca 782 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Tim Kunjungan Kerja Komisi II DPR RI lakukan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (21/11/2019).

Sebagaimana kita ketahui bahwa Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2020 akan melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur.

(Baca Juga : Pemprov Kalteng Gelar Apel Bersama Peringati Hari Lahir Pancasila)

"Kami mengharapkan dengan kunjungan ini akan membangkitkan semangat, inspirasi dan motivasi bagi jajaran aparatur penyelenggara Pemerintahan, unsur keamanan dan penyelenggara Pilkada beserta Badan/Dinas/Instansi terkait," ucap Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dalam sambutan tertulis yang dibacakan Plt. Asisten III Setda Kaspinor.

Pihaknya juga mengharapkan masukan dan saran dari Komisi II DPR-RI agar pilkada tahun 2020 di Provinsi Kalimantan Tengah dapat berjalan sukses, aman dan kondusif. 

Provinsi Kalimantan Tengah dibentuk berdasarkan Undang-undang Darurat RI Nomor : 10 Tahun 1957 tentang Pembentukan Daerah Swantra Provinsi Kalimantan Tengah, mempunyai luas wilayah mencapai ± 153.564 Km², dengan garis pantai ± 750 Km dan merupakan Provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Provinsi Papua atau satu setengah kali pulau Jawa, yang terdiri dari 13 (tiga belas) 5 Kabupaten dan 1 (satu) Kota, 136 Kecamatan, 139 Kelurahan dan 1.433 Desa, dengan jumlah penduduk 2.577.215 jiwa.


Pada tahun 2017 Provinsi Kalimantan Tengah telah melaksanakan pilkada bupati serentak yaitu Kabupaten Kotawaringin Barat dan Barito Selatan. Kemudian pada tahun 2018, Provinsi Kalimantan Tengah juga menyelenggarakan Pilkada Serentak untuk memilih Bupati/Wakil Bupati dan juga Walikota dan Wakil Walikota yang diselenggarakan di 10 (sepuluh) Kabupaten dan 1 (satu) Kota dan berlangsung dengan sukses.

Selanjutnya pada tanggal 17 April 2019 Provinsi Kalimantan Tengah juga telah menyelenggarakan Pemilu Serentak untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang secara umum dapat dikatakan proses pemilihan yang paling rumit.

"Alhamdulillah, berkat karunia rahmat, dan hidayah dari Allah SWT dan juga peran aktif seluruh elemen masyarakat, penyelenggara 6 pemilu, pemerintah dan juga aparat keamanan maka proses pemilu serentak di Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2019 dapat dikatakan berjalan dengan sukses, aman, damai dan kondusif dengan rata-rata angka partisipasi pemilih secara berturut-turut adalah 79,94% untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, 79% untuk pemilihan DPD RI, 78,99% untuk pemilihan DPR RI, 78,88% untuk pemilihan DPRD Provinsi dan 78,67% untuk DPRD Kabupaten/Kota yang mana secara keseluruhan berada di atas target nasional yaitu sebesar 77,50 %," bebernya.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020, secara garis besar sudah dilaksanakan antara lain :

1. Perencanaan program dan anggaran; 


2. Penandatanganan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah);

3. Monitoring kesiapan pelaksanaan pilkada Serentak Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Tengah dan Bupati/Wakil Bupati Kotawaringin Timur;

4. Pemantauan kesiapan pelaksanaan pilkada tahun 2020 oleh DPRD Provinsi Kalimantan Tengah pada Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Sehubungan dengan NPHD tersebut dapat kami sampaikan bahwa Provinsi Kalimantan Tengah telah menganggarkan sekitar 382,2 miliar lebih untuk penyelenggara pilkada tahun 2020 (KPU, Bawaslu, Polda dan Korem) di Provinsi Kalimantan Tengah," imbuhnya.

Selanjutnya, dalam rangka pengendalian Pilkada serentak tahun 2020 Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah melakukan monitoring dan pemantauan persiapan Pilkada Tahun 2020 ke Kabupaten / Kota dan sebagaimana amanat Permendagri Nomor 9 Tahun 2005, sekarang 8 sedang mempersiapkan pembentukan Desk Pilkada Provinsi dan Desk Pilkada Kabupaten/Kota. (ARP/Foto:ALD)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook