Pj. Sekda Buka Sosialisasi PROKLIM Tingkat Provinsi Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 25 Agustus 2021 11:29, Dibaca 49 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pj. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin membuka secara resmi Sosialisasi Program Kampung Iklim (PROKLIM) Tingkat Prov. Kalteng. Kegiatan ini dihadiri secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (25/08/2021).

Dalam sambutannya, Pj. Sekda H. Nuryakin menyampaikan Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa suhu rata-rata Indonesia pada lebih tinggi 1,2 derajat celcius dibandingkan normalnya. Sejalan dengan hal tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah melaporkan bahwa terjadi kecenderungan kenaikan kejadian bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, kekeringan, kebakaran hutan dan puting beliung. Kejadian bencana hidrometeorologi yang diperparah dengan faktor antropogenik terus meningkat dari tahun ke tahun, dimana saat ini tercatat mencapai 98 persen dari seluruh kejadian bencana di Indonesia.

(Baca Juga : Panen Perdana Bawang Merah dan Cabai, Gubernur Sugianto Sabran : Kita Harus Bersinergi Membangun Ketahanan Pangan di Kalteng)


Dalam undang-undang Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pegesahan Paris Agreement To The United Nations Framework Convention On Climate Change (Persetujuan Paris Atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Perubahan Iklim) dimana dalam salah satu isinya menyatakan bahwa kewajiban masing-masing Negara untuk menyampaikan kontribusi yang ditetapkan secara Nasional (Nationally Determined Contribution) dimana target NDC Indonesia adalah mengurangi emisi sebesar 29% dengan upaya sendiri dan 41% jika ada kerjasama internasional dari kondisi tanpa ada aksi pada tahun 2030. Salah satu strategi Pemerintah dalam upaya mencapai target NDC Indonesia dalam upaya pengendalian perubahan iklim adalah mendorong kerjasama multi pihak untuk memperkuat kapasitas dari adaptasi dan mitigasi perubahan iklim melalui PROKLIM. PROKLIM adalah Program berlingkup Nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalteng Vent Christway dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah meningkatkan kapasitas penyelenggaraan PROKLIM di Prov. Kalteng serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai perubahan iklim, penyebab dan dampak yang ditimbulkan serta mendorong pelaksanaan aksi nyata yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim serta memberikan kontribusi terhadap upaya pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca.

Sosialisasi ini dihadiri secara virtual dari tempat masing-masing oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah Lingkup Pemprov. Kalteng, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota se-Kalteng, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota se-Kalteng, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten/Kota se-Kalteng dan Camat se-Kalteng.(wdy/foto:Iksan)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook