Palangka Raya Masih Kekurangan SDM Kelurahan Yang Melek TI

Kontribusi dari Iin Carolina, 14 November 2018 13:33, Dibaca 2,155 kali.


MMCKalteng - Perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang begitu pesat menuntut tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan dan pengetahuan TI yang handal dan inovatif. inilah salah satu yang menjadi dasar dikembangkannya aplikasi Sistem Pelayanan Administrasi Kelurahan (SIPANDER) Kota Palangka Raya dengan tujuan memberikan kemudahan dalam pengurusan administrasi kelurahan yang efektif dan efisien.

Sebagai tindak lanjut di-launchingnya aplikasi SIPANDER pada 17 Juli 2018 bertepatan pada HUT Kota Palangka Raya, diadakan sosialisasi terkait penggunaan aplikasi SIPANDER dengan mengundang seluruh Lurah dan perwakilan dari kecamatan se-Kota  Palangka Raya.

(Baca Juga : Sosialisasi Dokumen Cetak Biru Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM))

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten II Sekda Kota Palangka Raya, Ikhwansyah bertempat di Ruang Rapat Peteng Karuhei II Kantor Walikota Palangka Raya, Rabu (14/11/2018).

Dalam kegiatan sosialisasi ini para lurah menyambut baik adanya aplikasi SIPANDER ini dengan harapan mampu mewujudkan pelayanan administrasi di Kelurahan menjadi lebih efektif dan efisien. Akan tetapi ada beberapa kendala yang disampaikan oleh peserta sosialisasi terkait implementasi dari aplikasi SIPANDER ini, antara lain permasalahan infrastruktur jaringan internet yang belum menjangkau sebagian kelurahan di Kota Palangka Raya. 

Selain itu kendala yang paling banyak dikeluhkan adalah kurangnya SDM kelurahan yang melek TI, hal ini tentunya berdampak pada kurang efektifnya pelayanan administrasi di kelurahan.

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya sebagai Leading Sektor pengembangan TI di Palangka Raya tentunya akan berupaya menanggulangi segala permasalahan dan kendala yang dihadapi beberapa kelurahan, antara lain dengan memberikan pelatihan dan bimbingan teknis demi peningkatan SDM berbasis TI.

Terkait dengan infrastruktur jaringan internet, Kominfo memberikan solusi dengan penyediaan WIFI gratis untuk masyarakat di berbagai lokasi di Kota Palangka Raya, demikian yang disampaikan Ahmad Reza Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi Diskominfo selaku narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini. 

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook