Menyongsong Iduladha, Dinas Ketahanan Pangan Kalteng Gelar Pasar Pangan Murah

Kontribusi dari DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH, 16 Juli 2021 09:44, Dibaca 98 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Seperti tahun-tahun sebelumnya, secara rutin Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng kembali melaksanakan Pasar Pangan Murah guna membantu masyarakat agar lebih mudah mendapatkan kebutuhan bahan pangan pokok. Kegiatan Pasar Pangan Murah sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk terus berupaya meringankan beban masyarakat terlebih pada saat menyambut hari-hari besar keagamaan (HBKN) seperti Hari Raya Kurban yang sebentar lagi akan kita hadapi.

Pasar Pangan Murah dilakukan selain untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan dengan kualitas baik dan harga terjangkau, juga untuk membantu memasarkan hasil pertanian. Karena dengan masih merebaknya pandemi virus Covid-19 seperti saat ini, daya beli masyarakat sangat menurun sehingga banyak petani kesulitan menjual hasilnya.

(Baca Juga : Ketentuan Khusus Perjalanan Orang Masuk Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah di Masa Pandemi Covid-19)


Gelar Pangan Murah dilaksanakan mulai tanggal 16 s.d. 19 Juli 2021 dilakukan di beberapa lokasi sekitar Kota Palangka Raya terutama yang jauh dari jangkauan pasar yaitu di Kelurahan Petuk Bukit Kecamatan Rakumpit, Kelurahan Petuk Katimpun dan beberapa titik di lingkungan perumahan dalam Kota Palangka Raya yang sulit akses ke pasar umum.

“Ini bentuk peran Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng melalui Pasar Mitra Tani dalam menjaga kelancaran distribusi dan stabilitas harga bahan pangan pokok, walaupun sebenarnya dari pantauan kita terhadap kebutuhan pangan di Kalteng cukup aman ketersediaannya, namun sudah komitmen kami untuk menyediakan barang kebutuhan bagi masyarakat dalam menyambut hari besar keagamaan dengan harga terjangkau dan berkualitas sehingga masyarakat terbantu,” kata Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng, Lilis Suriani, Jumat (16/7/2021), di sela-sela kegiatan Pasar Pangan Murah di Pasar Mitra Tani kantor Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng.


Diluar jadwal berkeliling di kegiatan Pasar Pangan Murah, Pasar Mitra Tani  buka setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 08.00 – 15.30 Wib beralamat di Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng, Jl. Willem AS No. 09, Palangka Raya.  Selain bahan pokok (beras, minyak goreng, gula pasir, bawang, cabe, daging dan telur, ada juga tersedia sayur dan buah-buahan segar, dan ayam potong).

Pada saat ini Pasar Mitra Tani juga sedang menggalakkan produk-produk milik UMKM dengan menyediakan tempat khusus berupa ”Pojok Pangan Lokal”. Dimana di sini masyarakat dapat membeli berbagai jajanan olahan pangan lokal hasil produk UMKM di Kalteng. (RHN / Photo:RHN).

DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook