Bunda PAUD Ivo Sugianto Sabran Tekankan Pentingnya Pengembangan Holistik Integratif

Kontribusi dari Widia Natalia, 14 Juli 2021 09:33, Dibaca 50 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Berbagai pendapat menyatakan bahwa layanan menyeluruh (holistik) kepada anak usia dini dirasa sangat penting, karena jika salah satu aspek yang seharusnya diberikan kepada anak secara optimal, maka akan berpengaruh terhadap aspek lainnya. Hal ini disampaikan oleh Bunda PAUD Prov. Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran saat menyampaikan arahannya pada kegiatan sosialisasi pengembangan PAUD Holistik Integratif dari Aula Serbaguna, Istana Isen Mulang, Rabu (14/7/2021).

Berbagai pengaruh jika layanan tidak diberikan secara menyeluruh (holistik) antara lain jika kesehatan dan gizi anak rendah, maka akan berdampak kepada rendahnya kognisi anak, karena perkembangan kognisi anak sangat dipengaruhi oleh kesehatan dan gizi. Selain itu, jika pola asuh yang diterapkan orang tua tidak tepat, maka akan berpengaruh pada perkembangan sosial-emosional anak kelak, mengingat bahwa orang tua adalah pendidik yang pertama dan utama bagi anak.

(Baca Juga : Ketua TP-PKK : Upaya Perlindungan Perempuan dan Penguatan Ekonomi Melalui Pemberdayaan Perempuan Sangatlah Penting Dilakukan)

Selanjutnya, apabila masyarakat, terutama orang tua dan pendidik PAUD belum mengetahui dan memahami hak- hak anak, tentu sikap dan perlakuan mereka cenderung merendahkan anak dan tidak berpihak kepada anak yang dampaknya akan berpengaruh terhadap perkembangan anak. Terakhir, masalah deteksi dini tumbuh kembang anak, juga memegang peran sangat penting. Jika anak-anak mengalami penyimpangan pertumbuhan dan perkembangan, namun tidak terdeteksi sedini mungkin, maka akan sulit untuk di intervensi, dan yang pasti akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dilihat dari sisi peran lembaga terkait, PAUD holistik dan integratif menjadi sangat penting, karena dengan mengintegrasikan berbagai lembaga yang berkompeten diperoleh berbagai manfaat, diantaranya terjalinya hubungan yang harmonis antar lembaga terkait sehingga memperkecil rasa ego sektoral yang selama ini kuat, terwujudnya Program bersama dari lembaga terkait dengan sasaran anak usia dini, mengoptimalkan peran masing – masing lembaga terkait sesuai dengan kewenangannya, mengjindari adanya program yang tumpang tindih dari lembaga – lembaga terkait, sehingga berdampak pada pemborosan biaya dan terwujudnya sinkronisasi program dari masing-masing lembaga terkait untuk mengoptimalkan potensi anak.

Melalui Sosialisasi Pengembangan PAUD HI diharapkan layanan pendidikan anak usia dini dapat terlaksana dengan baik.

“Kami juga berharap proses pembelajaran yang ada dalam lingkungan PAUD terus berkembang sehingga kedepan nantinya terus melahirkan anak-anak yang memiliki kesiapan, baik dari segi akhlak, pengetahuan umum, serta dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan jenjang pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya”, tutup Ivo.

Sosialisasi ini dihadiri secara virtual dari tempat masing-masing oleh unsur Bunda PAUD, Pengurus Pokja Bunda PAUD, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dari 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Katingan dan Tim Pokja PAUD Prov. Kalteng.(wdy/foto:asef)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook