Rapat Virtual Persiapan Penyusunan Blueprint Kalteng Corporate University Tahun 2021

Kontribusi dari BPSDM Kalteng, 12 Juli 2021 10:00, Dibaca 109 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Prov. Kalteng menyelenggarakan Rapat Virtual Persiapan Penyusunan Blueprint Kalteng Corporate University di kantor setempat, jalan AIS Nasution No. 2 Palangka Raya, Senin (12/7/2021). Kegiatan rapat virtual ini merupakan tindak lanjut dari Rencana Aksi yang telah disusun terkait Launching Kalteng Corporate University oleh Gubernur Kalteng dan mendapat dukungan Penuh dari Kepala LAN RI Adi Suryanto dan Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kebijakan Desentralisasi dan Otonomi Daerah (Puslatbang KDOD LAN) di Samarinda, Mariman Darto, serta dihadiri oleh para Kepala Instansi Vertikal dan Staf Ahli Gubernur, Para Asisten Sekda serta Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov Kalteng dan Kepala BKPSDM Kab/Kota se-Kalteng beberapa bulan lalu di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng.


Kegiatan rapat virtual kali ini lebih memfokuskan pada penyusunan Blueprint Kalteng Corporate University sebagai landasan dalam pembuatan kebijakan yang meliputi penetapan tujuan dan sasaran, penyusunan strategi, pelaksanaan program dan fokus kegiatan serta langkah-langkah atau implementasi yang harus dilaksanakan. Rapat Virtual ini dibuka oleh Kepala BPSDM Prov. Kalteng Sri Widanarni dan dihadiri oleh Tim Penyusun Blueprint Kalteng CorpU. Adapun Tim tersebut terdiri dari Anggota Dewan Riset Daerah Prov. Kalteng, Prof. Joni Bungai, Dr. Djenta Saha dan Dr. Bulkani serta tim internal dari BPSDM Prov. Kalteng.

(Baca Juga : Penanganan Dini Titik-Titik Hotspot di Kalteng)


Kepala BPSDM Prov. Kalteng menyampaikan bahwa Strategi Kalteng CorpU ini merupakan tindak lanjut dari amanah PP. 17 Tahun 2020 tentang Perubahan PP. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, dalam Pasal 203 ayat (4a) bahwa pengembangan kompetensi ASN dilakukan secara terintegrasi (Corporeate University). Lebuh lanjut Kepala BPSDM juga menyampaikan milestone Kalteng CorpU yang akan mendorong inovasi-inovasi pembelajaran, dimana pengembangan kompetensi ASN dirancang tidak hanya untuk meningkatkan kapabilitas individu melalui metode pembelajaran klasikal, daring/ e-learning, tapi lebih kepada bagaimana menjadikan pembelajaran yang fleksibel dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat membangun semangat belajar di organisasi (Learning Organization) untuk mendukung Visi  Pemerintah Daerah  Kalteng Semakin BERKAH. Kalteng Corporate University ini harus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak terkait. Dukungan tidak hanya dari Pimpinan, tetapi juga dari para pakar semua termasuk dari Dewan Riset Daerah Prov. Kalteng.

Berdasarkan hasil rapat,  saran masukan dari Dewan Riset Daerah akan dituangkan oleh Tim internal BPSDM ke dalam draft Blueprint sesuai dengan rencana aksi yang telah dipersiapkan dan BPSDM Prov. Kalteng sebagai leading sektor  mengkoordinasikan penyusunan Blueprint Kalteng Corporate University ini sebagai bahan dalam penyusunan Rancangan Kebijakan Daerah. (Rendy BPSDM/Dewit BPSDM).

BPSDM Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook