Pelatihan Manajemen Puskesmas Dengan Pendekatan PIS-PK Kerjasama Dinkes Kab. Kobar & Bapelkes Tahun 2020

Kontribusi dari Dinkes Prov.Kalteng, 23 November 2020 08:48, Dibaca 108 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peran penting dalam sistem kesehatan nasional. Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya kesehatan perorangan (UKP) tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya.


Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Prov.Kalteng dr. Suyuti Syamsul, MPPM melalui Kepala UPT Bapelkes dr. Linae Victoria Aden, M.M mengatakan, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dan berfungsi menyelenggarakan UKM dan UKP tingkat pertama. Untuk mendukung kerja puskesmas diperlukan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia melalui pelatihan Manajemen Puskesmas, Senin (23/11/2020).

(Baca Juga : Waspada Klaster Baru Covid-19 dari Tempat-Tempat Wisata)


Sebagai pelaksana kebijakan pembangunan kesehatan, Puskesmas harus dikelola dengan prinsip-prinsip manajemen yang baik sejalan dengan perubahan dan perkembangan konsep dari tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Pengelolaan Puskesmas yang baik akan mampu meningkatkan mutu pelayanan dan pada akhirnya akan mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal di wilayah kerjanya.

Pengelolaan Puskesmas yang terdiri dari Kepala Puskesmas dan staf fungsional perlu mengikuti pelatihan Manajemen Puskesmas agar mampu memahami prinsip dan konsep pembangunan kesehatan dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Pelatihan Manajemen Puskesmas ini mengikuti Permenkes 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dengan mengacu pada perkembangan arah kebijakan pembangunan nasional dan pembangunan kesehatan serta prinsip – prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dan benar, serta Permenkes Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

Pelatihan Manajemen Puskesmas dirancang untuk menunjang terlaksananya pendekatan keluarga sehat di wilayah kerja Puskesmas yang kegiatannya difokuskan kepada indikator program prioritas. Untuk mendukung kegiatan Keluarga Sehat diperlukan kerja sama dan koordinasi yang baik antara dinas kesehatan kabupaten / kota dengan lintas sektor di wilayah kerja setempat. Pelatihan Manajemen Puskesmas  diselenggarakan oleh Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sebagai penyelenggara pelatihan, Bapelkes Provinsi Kalimantan Tengah telah terakreditasi paripurna pada tahun 2019, menerapkan pedoman yang telah ditetapkan yakni :

1. Kurikulum dan modul pelatihan yang terakreditasi

2. Quality Control pada setiap alur proses penyelenggaraan pelatihan

3. Fasilitator dan Narasumber pelatihan yang telah mengikuti TOT dan memiliki sertifikat sesuai kualifikasinya

4. Evaluasi pelatihan yang dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan

5. Sertifikat pelatihan yang dikeluarkan melalui penomoran dan diterbitkan oleh BPPSDMK Kemenkes RI

Pelatihan yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka tidak dapat lagi dilaksanakan karena Pandemi Covid-19, protokol kesehatan tidak memperbolehkan untuk dilaksanakan kegiatan mengumpulkan orang banyak. Agar pelatihan tetap dapat terlaksana, model E – Learning sebagai pilihan utama diadaptasi menjadi pelatihan daring (online), untuk itu sangat diperlukan persiapan yang baik agar pelaksanaan berjalan lancar. (Bapelkes Prov. Kalteng)

Dinkes Prov.Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook