Satgas Covid Serius Tangani Penyebaran Covid-19 Melalui PPKM Mikro

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 09 Juli 2021 14:28, Dibaca 23 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Salah satu keseriusan Pemerintah dalam melakukan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dengan ditetapkannya kebijakan penanganan Covid-19 melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 7 Tahun 2021 tentang  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro dan pengoptimalan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan dalam Pengendalian Penyebaran Covid-19. Kemudian dari Inmendagri tersebut ditindaklanjuti dengan menerbitkan Surat Edaran (SE) Gubernur Kalteng Nomor 143.1/107/SatgasCovid-19 dan melalui Instruksi Gubernur Kalteng Nomor 180.17/109/2021, yaitu PPKM Berbasis Mikro, dimana khusus untuk Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau, Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten Kotawaringin Timur diberlakukan secara lebih ketat.

“Ini merupakan keseriusan kita bersama dalam menindaklanjuti Inmendagri, SE Gubernur dan Instruksi Gubernur agar penanganan Covid-19 ini lebih optimal dan bisa berdampak positif bagi kita semua,” kata Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Erlin Hardi, Jumat (9/7/2021). 

(Baca Juga : Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng Buka Rapat Finalisasi dan Verifikasi Program Perangkat Daerah pada Aplikasi SIPD.go.id)

Lebih lanjut ia mengatakan, ”Kami mengajak kita semua untuk melaksanakan kebijakan ini secara konsisten di lapangan, bahwa upaya penanganan yang kita lakukan sebagaimana  Inmendagri, SE Gubernur dan SE Bupati/Walikota dapat ditindaklanjuti,” tegasnya. 

Tindak lanjut selanjutnya yaitu dari seluruh Satgas Kabupaten/Kota, Satgas Kecamatan, dan Satgas Desa/Kelurahan untuk melakukan tindak lanjut Instruksi Mendagri dan Instruksi Gubernur Kalteng dan melalui Instruksi atau SE Bupati/Walikota sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan dalam Instruksi Mendagri dan Instruksi Gubernur Kalteng, karena keberhasilan pelaksanaan fungsi Posko Desa dan Kelurahan dalam mengendalikan Covid-19 menjadi penentu dalam keberhasilan dalam mengendalikan dan memutus penyebaran Covid-19 pada tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi. (Hlm.9 /7/2021/DewiS /foto /Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook