Penutupan PKA Angkatan I dan II Tahun 2021

Kontribusi dari BPSDM Kalteng, 29 Juni 2021 09:00, Dibaca 201 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Prov. Kalteng menyelenggarakan acara Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I dan II secara Blended Learning. Penutupan ini dilanjutkan dengan Pameran Inovasi dari para alumninya yang dilaksanakan secara virtual di Kantor BPSDM Prov. Kalteng, Selasa (29/6/2021). 

Dalam sambutan Kepala BPSDM Prov. Kalteng yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial, Dra. Ida Suharti Ningsih, M.Si mengucapkan selamat dan sukses kepada peserta yang telah menyelesaikan seluruh rangkaian proses pembelajaran selama 4 (empat) bulan dengan baik serta membutuhkan perjuangan yang cukup keras.

(Baca Juga : Pembukaan Diklat Manajemen ASN Lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah)


"Pertama, Saudara/Saudari telah selesai dengan baik dalam mengikuti proses pembelajaran secara Blended Learning, dengan memadukan Pembelajaran Jarak Jauh dan klasikal di kelas. Kedua, di sela-sela rutinitas padat dan beban pekerjaan yang tinggi Saudara/Saudari mampu menyelesaikan target output pelatihan ini yaitu aksi perubahan kinerja organisasi di instansi masing-masing," ucapnya.


Namun dari semua itu, lanjutnya, yang tidak kalah penting adalah bagaimana dapat membangun pondasi dalam menjalin ikatan persaudaraan dan persahabatan untuk saling mengenal baik dengan sesama peserta, tenaga pengajar/narasumber, dan panitia penyelenggara, juga dengan coach dan mentor.

"Apresiasi ini perlu disampaikan mengingat semangat dan komitmen Saudara/Saudari merupakan cerminan integritas yang dimiliki, dan sebagai bukti bahwa Saudara/Saudari semua siap untuk terlibat langsung dan ikut andil dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia dalam mendukung pembangunan nasional melalui pelayanan di lingkungan Pemerintahan Daerah," sambungnya.

Memperhatikan perkembangan dewasa ini, pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia Birokrasi menjadi fokus pertama dan utama yang harus segera ditindaklanjuti guna mewujudkan bahwa pemerintah hadir sebagai pelayan masyarakat. Berdasarkan UU 5 Tahun 2014 tentang ASN Pasal 69 bahwa seorang Pegawai Negeri Sipil harus memiliki 3 (tiga) kompetensi yaitu kompetensi manajerial, teknis, dan sosial kultural dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di instansi. Selain itu, menurut UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah Pasal 233, selain memiliki 3 (tiga) kompetensi, secara mutatis mutandis wajib memiliki kompetensi pemerintahan. Memahami kebijakan tersebut, maka peningkatan kompetensi pemerintahan wajib terpenuhi bagi Pegawai Negeri Sipil penyelenggara Pemerintahan Daerah.

"Selamat dan sukses kepada seluruh peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I dan II di lingkungan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2021, dan tetap jaga hubungan yang harmonis dengan sesama peserta, peserta dengan penyelenggaraan, peserta dengan coach, dan peserta dengan widyaiswara, serta peserta dengan BPSDM Provinsi Kalimantan Tengah. Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat mensukseskan penyelenggaraan ini," imbuhnya.

Setelah acara penutupan dilaksanakan, para alumni PKA Angkatan I dan II mengikuti acara Pameran Inovasi yang akan menampilkan berbagai produk inovasi. Para alumni PKA Angkatan I dan II harus mendiseminasikan hasil inovasi dari Aksi Perubahan yang dibuat selama mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator, sebagai bentuk implementasi pembelajaran terkait aksip perubahan yang disusun. Tentunya banyak sekali program-program yang dapat diwujudkan melalui Aksi Perubahan yang dapat mendukung strategi dan kebijakan SDM ASN melalui peningkatan inovasi produk  mulai dari regulasi hingga penguatan kapasitas organisasi agar tepat fungsi dan tepat sasaran.

Aksi perubahan hanyalah instrumen, wahana, atau evidence dari aktualisasi kapasitas pemimpin sehingga fokuskan sisi tantangan dan seni dalam mengelola aksi perubahan yang diciptakan. Program-program perbaikan tersebut akan dicapai secara tepat jika kita dapat mencetak kader-kader kepemimpinan yang profesional dan berintegritas tinggi, terutama pada jajaran pimpinan administrator instansi.

Pameran ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah serta sebagai suatu pencapaian para pimpinan administrator yang telah menempuh pelatihan dengan membawa hasil inovasi aksi perubahan yang telah digagas. Inovasi yang dihasilkan peserta ini patut diketahui oleh berbagai kalangan sehingga dapat menginspirasi terciptanya inovasi-inovasi lain di masa yang akan datang.

Meski pameran dilaksanakan secara virtual, BPSDM Prov. Kalteng sebagai pihak penyelenggara yakin mutu dan efektivitas dari kegiatan tidak akan berkurang. Pameran Virtual Inovasi pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I dan II Tahun 2021 bisa dilihat sebagai langkah inovatif karena akan leo

bih banyak pihak dan stakeholder terkait yang dapat menyaksikan jalannya acara dari mana pun dengan ketersediaan jaringan internet. (Rendy BPSDM / Dewit BPSDM).

BPSDM Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook