Guru Mankoraya Ikuti Bimtek Implementasi KMA 183 dan 184 Tahun 2019

Kontribusi dari Rikah Mustika, 05 Oktober 2020 20:02, Dibaca 576 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Guru MAN Kota Palangka Raya mengikuti bimbingan teknis implementasi Keputusan Menteri Agama Nomor 183 dan 184 Tahun 2019 tentang kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab, Senin (5/10/2020). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI secara virtual dengan menggunakan video conference yang diikuti seluruh guru Alquran Hadis tingkat Madrasah Aliyah se-Indonesia.

Plt Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan, perubahan KMA 183 dan 184 ini terjadi sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian Puslitbang Kemenag RI yang mana ada penyempurnaan pada beberapa struktur materi antar jenjang dan kelas yang tumpang tindih, katanya.
Lebih lanjut, Kamaruddin Amin menjelaskan bahwa KMA 183 dan 184 fokus pada distribusi materi yang tumpang tindih antar jenjang, perumusan kompetensi inti dan dasar, keselarasan kompetensi dasar 1, 2, 3 dan 4, penguatan aspek sikap dan keterampilan, penguatan mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab untuk keimanan siswa bahwa Agama Islam adalah agama yang relevan dengan kemajuan zaman, menekankan pada pendekatan fungsional dan sebagai pengantar siswa menjadi warga bangsa Indonesia yang hidup dalam keberagaman. Guru yang berkesempatan mengikuti bimtek ini adalah Asran Dirun, Haisusy, Ali Muttaqo dan Siti Mutiah.

(Baca Juga : Kunjungan Tim Pokja Ke Lokasi Food Estate Kabupaten Pulang Pisau)

Menurut Haisusy, “Saya sangat bersyukur bisa mengikuti bimtek KMA 183 dan 184 meskipun hanya lewat video conference,” ujarnya.

“Saya bisa mendapatkan ilmu baru dan kawan baru," pungkasnya.

Selain membahas KMA 183 dan 184, bimtek ini juga membahas tentang pemanfaatan aplikasi e-learning Kementerian Agama yaitu aplikasi pembelajaran jarak jauh yang baru diluncurkan awal tahun 2020 tadi. (Asdi)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook