Plt. Sekretaris Daerah Kalteng Melakukan Sidak Gabungan Pelaksanaan Operasi Yustisi Satgas Covid-19

Kontribusi dari Widia Natalia, 27 Juni 2021 09:20, Dibaca 190 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nuryakin mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran melakukan inspeksi mendadak (sidak) gabungan pelaksanaan Operasi Yustisi Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi dan Satgas Covid-19 Palangka Raya,, Sabtu (26/6/2021) malam. Kegiatan dimulai Pukul 20.00 Wib, dengan rute Kecamatan Jekan Raya Jl. Kini Balu, Jl. Sanggabuana, Jl. Raja Wali, Jl. Garuda, Jl. Bukit Kaminting, Jl. Yos Sudarso dan Jl. G Obos dan Kecamatan Pahandut Jl. A. Yani, JL. Jawa (Komplek Pasar Besar), Jl. Seth Adji.


Jenis Kegiatan yang dilakukan yakni mulai dari Pemantauan, Sosialisasi Protokol kesehatan (Prokes) 5 M, membagi masker, membagi Hands Sanitizer dan Edukasi terkait vaksin.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Melakukan Aktivitas Bersepeda Santai Bersama Kepala Perangkat Daerah dan Stakeholder Terkait)

Kepala Dinas Kesehatan Suyuti Syamsul saat mendampingi Plt. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng melakukan sidak pelaksanaan operasi Yustisi Satgas Covid-19 mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Kalteng tetang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Prov. Kalteng. Sebagaimana diketahui, bahwa Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran pada setiap pertemuan terus mendorong upaya percepatan vaksinasi di Prov. Kalteng. Untuk Pelaksanaan percepatan vaksinasi, Kota Palangka Raya diminta menjadi role model pelaksanaan vaksin bagi Kabupaten-Kabupaten di Kalteng.

“Mencermati Perintah Bapak Gubernur untuk mempercepat vaksinasi memang kita melakukan vaksinasi serentak melibatkan berbagai unsur termasuk TNI/Polri. Saat ini, untuk seluruh target tahapan 1 dan tahapan 2. 410.000 itu kita sudah berada di hampir 80 persen. Kalau untuk nakes sudah lama selesai, untuk pelayanan publik juga sudah diatas 100 persen, lansia sudah 30 persen. Mudah-mudahan sampai akhir Juni angkanya makin bagus”, tutur Suyuti Syamsul.

Suyuti Syamsul mengatakan masyarakat umum jadi sasaran penerima vaksin pada Bulan Juli 2021 mendatang.

“Bulan Juli ini kita akan buka untuk umum”, imbuhnya.

Lebih lanjut Suyuti Syamsul mengungkapkan bahwa Gubernur Kalteng meminta vaksinasi Covid-19 di Kalteng bisa mencapai 25.000 orang sehari. Pada kegiatan operasi Yustisi kali ini, Kepala Dinas Kesehatan menuturkan kegiatan ini meninjau lokasi-lokasi yang ramai dikunjungi masyarakat sekaligus mensosialisasikan pentingnya vaksin untuk melindungi diri dan orang-orang terdekat.

“ Tujuannya nanti di Daerah-Daerah tertentu yang banyak, itu nanti ditawari, kalau mau vaksin kita langsung vaksin”, tambahnya.

Terkait ketesediaan vaksin, Suyuti Syamsul menyampaikan bahwa stok vaksin setiap minggu akan di kirim oleh Pemerintah Pusat.

“Untuk banyaknya dikirim Pemerintah Pusat tergantung kecepatan kita menghabiskan, semakin tinggi kita suntikan setiap hari semakin banyak yang dikirim”, jelas Suyuti Syamsul.

Suyuti Syamsul menghimbau masyarakat untuk berpartisipasi mengurangi laju inveksi penyebaran Covid-19 di Kalteng.

“Kami menghimbau masyarakat untuk berpartisipasi karena inikan tanggung jawab bersama, yang mau dibikin bukan kekebalan perorang tetapi kekebalan kelompok. Kekebalan kelompok bisa terbentuk kalau lebih 70 persen kita vaksinasi sehingga kita berharap semua berpartisipasi. Ini salah satu upaya bisa mengurangi laju inveksi, kalaupun terkena tidak patal”, pungkasnya.

Hadir Kepala Satpol PP Prov. Kalteng Baru I Sangkai, Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov. Kalteng yang juga sekaligus sebagai Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Erlin Hardi serta Ketua Harian  Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani.(WDY/Foto: Yudis)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook