Pemprov. Kalteng Bekerjasama Dengan Dekranasda Dorong IKM dan UKM Kuliner Bangkit Kembali

Kontribusi dari Widia Natalia, 26 Juni 2021 22:30, Dibaca 5 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Dalam rangka mendukung recovery economy ditengah pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Prov. Kalteng menggelar Pojok Dekranasda Festival Kuliner, bertempat di Central Borneo Souvenir Dejranasda di Jl. Imam Bonjol Nomor 21 Palangka Raya, Sabtu (25/6/2021) malam. Pojok Dekranasda sebagai salah satu upaya memberikan ruang dan fasilitas kepada IKM dan UKM Kalteng untuk tetap memasarkan dan mempromosikan produknya.

“Gagasan adanya pojok dekranasda muncul dari Ketua Dekranasda Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, beliau ingin memfasilitasi bagaimana agar IKM khususnya sektor kuliner bisa bangkit kembali dan kembali memproduksi“, tutur Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Aster Bonawaty saat menghadiri bincang malam bersama IKM dan Instansi terkait, bertempat di Central Borneo Souvenir, Dekranasda Prov. Kalteng, Sabtu (26/6/2021) malam.

(Baca Juga : Ribuan Warga Serbu Pasar Penyeimbang di Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara)

Aster Bonawaty mengatakan tidak hanya memfasilitasi tetapi juga akan membantu pemasarannya.


“Kita bantu juga pemasarannya. Salah satu kendalanya untuk mereka recovery atau bangkit adalah pemasaran. Kita bantu dengan segala macam cara contohnya ada showroom Dekranasda, ada lapak-lapak kuliner, secara online kita punya website, Instagram, facebook dan lain sebagainya”, pungkas Aster Bonawaty.

Pojok Dekranasda dibuka setiap hari Jumat dan Sabtu malam. Suasana pojok Dekranasda terasa meriah diisi dengan penampilan dari artis dan musisi Kota Cantik Palangka Raya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Bincang malam dihadiri Kepala Kanwil Kemenkumham, Kepala OJK Prov. Kalteng, Dirut Bank Kalteng, Kepala cabang BRI Palangka Raya, Kepala cabang Bank Mandiri Palangka Raya, serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait. Pertemuan ini sekaligus sebagai ajang silahturahmi untuk memberikan masukan, saling memberikan support, mensinergikan program-program antara Instansi dan lembaga terkait dengan pelaku usaha IKM untuk meningkatkan daya saing produk.

Salah satu pelaku IKM dari bidang khas makasar  menyampaikan menyambut positif kegiatan pojok Dekranasda ini.

“Kami sangat senang dengan adanya wisata kuliner seperti ini. Kami berharap ini terus berlanjut. Kegiatan wisata kuliner ini tidak hanya dilakukan pada saat weekend saja. Harapan saya selaku UKM, kegiatan seperti ini maunya dilakukan terus menerus”, ucap Salah satu pelaku IKM dari bidang khas makasar. (WDY/Foto:Arief)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook