Pertemuan Koordinasi Perencanaan Kebutuhan SDM Kesehatan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021

Kontribusi dari Dinkes Prov.Kalteng, 15 Juni 2021 13:02, Dibaca 138 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Sekretaris Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Zainuri.SH.,M.Kes mewakili Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng memberikan sambutan sekaligus membuka acara Pertemuan Koordinasi Perencanaan Kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021 di Aula Hotel Aquarius Kota Palangka Raya, Senin (14/6/2021). Dalam sambutannya Zainuri mengatakan, Perencanaan kebutuhan SDMK dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan pembangunan kesehatan, baik lokal, nasional, maupun global, dan memantapkan komitmen dengan unsur terkait lainnya.

"Di era desentralisasi bidang kesehatan, pemerintah daerah memiliki otoritas untuk merekrut SDMK di daerah masing-masing sebagai pegawai pemerintah daerah. Konsekuensinya, daerah harus memiliki kemampuan dalam melakukan perencanaan kebutuhan SDMK, baik di pemerintah daerah provinsi maupun di pemerintah daerah kabupaten/kota," tuturnya.

(Baca Juga : Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia dan Pra Lansia di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng)


Pemenuhan akan kebutuhan SDM Kesehatan harus dimulai dari menghitung jenis dan seberapa besar kebutuhannya sampai dengan bagaimana memenuhinya. Untuk itu perlu tersedia tenaga perencana SDM Kesehatan yang memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam perencanaan SDM Kesehatan dengan baik.

"Ketersediaan data dan informasi SDM kesehatan kadang sulit diperoleh, karena sifat datanya sangat dinamis dan tersebar di banyak fasilitas pelayanan kesehatan. Belum adanya integrasi data menyebabkan akurasi data masih lemah karena pengelolaan data dan informasi masih terkotak-kotak (segmentasi). Untuk itu diperlukan koordinasi guna mencapai ketersediaan data SDM kesehatan dan harus dilakukan secara berkesinambungan agar data dan informasi SDM kesehatan dapat terintegrasi," tambahnya.


Sampai dengan saat ini, upaya penyediaan data SDM kesehatan yang terkini dan terupdate terus diupayakan, meliputi ketersediaan, penyebaran dan kualitas SDM di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan. Data SDM kesehatan yang valid sangat diperlukan untuk evaluasi dan pengambilan keputusan di level yang lebih tinggi. 

"Dalam hal ini maka kami meminta peran aktif dari pengelola data di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit melakukan mapping ketenagaan dan senantiasa melakukan validasi secara berkala terkait data kepegawaian di instansi Saudara, sehingga ke depannya program dan kebijakan di bidang SDM Kesehatan yang berbasis data mampu menjawab berbagai tantangan dan permasalahan di bidang kesehatan. Dalam kesempatan ini hendaknya peserta pertemuan dapat aktif dan menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari narasumber pusat yang telah bersedia membagi ilmunya untuk kita pada saat ini," pintanya. 

"Saya berharap agar materi yang didapatkan dalam pertemuan ini nantinya dapat diaplikasikan di tempat tugas saudara masing-masing dalam pendayagunaan tenaga kesehatan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan daerah serta tersedianya data SDMK yang valid dan selalu up to date," tutupnya. (Gery/Foto:PPID Dinkes Kalteng).

Dinkes Prov.Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook