Kadis Perdagangan dan Perindustrian Kalteng Membuka Kegiatan Seleksi Pelaku Usaha DDS Produk/Kemasan

Kontribusi dari Bayuningtyas Wulandari, 14 Juni 2021 11:52, Dibaca 242 kali.


MMCKalteng - Palangkaraya – Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Aster Bonawaty membuka secara resmi kegiatan seleksi pelaku usaha Designer Dispatch Service (DDS) Produk/Kemasan bertempat di M. Bahalap Hotel, senin (14/6/2021).

Kegiatan ini digelar oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) Kementerian Perdagangan RI. Adapun Tema Kegiatan ini yakni, "Menuju Desain Nusantara yang Berkualitas"

(Baca Juga : Plh Sekda : Pentingnya Integritas Diri Sebagai Modal Membangun Integritas Organisasi)

Kegiatan diselenggarakan selama 2 (dua) hari, mulai tanggal 14-15 Juni 2021.  Kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) yaitu Abdul Somad dan Gita Putri Pertiwi serta Tenaga Ahli/Designer Faradila Intan Kusumadewi.

Pada kegiatan seleksi pelaku usaha DDS Produk/Kemasan , nantinya IKM terpilih akan mengikuti pameran Trade Expo Indonesia (TEI) tahun 2021 di Tangerang, Provinsi Banten yang bertujuan untuk meningkatkan citra bangsa indonesia di dunia internasional melalui berbagai potensi kekayaan alam, kreativitas dan budaya yang ditranslasikan menjadi berbagai produk yang berkualitas, berdaya saing serta memenuhi standar internasional.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Aster Bonawaty saat membuka acara Kegiatan seleksi pelaku usaha DDS dekosentrasi 2021 menyampaikan sebagai bentuk pembinaan kepada pelaku usaha IKM yang berpotensi untuk dikembangkan dan dipromosikan ke pasar ekspor terutama bagi para pelaku usaha didaerah. Disini Kementerian Perdagangan melalui Ditjen PEN secara konsisten memberikan porsi dan ruang kepada para pelaku IKM daerah untuk turut terlibat dalam agenda rutin nasional yakni pameran Trade Expo Indonesia (TEI), yang pada tahun 2021 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-36 dimana seluruh pelaku usaha nasional dari seluruh provinsi di indonesia terlibat di dalamnya. Untuk keikutsertaannya Prov. Kalteng dalam pameran Trade Expo Indonesia (TEI) tersebut setiap tahunnya, Pemprov Kalteng melalui dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng berusaha untuk mengakomodir 13 kabupaten dan 1 kota se-kalimantan tengah untuk diikutsertakan dalam proses seleksi DDS.

Tujuan menyelenggarakan kegiatan DDS atau program layanan pendampingan desainer di Palangka Raya, ialah untuk melahirkan Protype Produk Baru yang diciptakan melalui pengembangan atas produk unggulan Prov. Kalteng dengan pendampingan instensif secara langsung oleh pihak Ditjen PEN dan Tenaga Ahli dengan memilih 2 (Dua) IKM yang akan mewakili Prov. Kalteng.

Aster Bonawaty juga menyampaikan harapan dari seleksi tersebut nantinya mampu menjalin Networking antara tenaga ahli/desinger dengan pelaku usaha yang berkelanjutan dalam peningkatan daya saing produk melalui pegembangan desain produk kemasan yang berorientasi Ekspor. Selain itu, peserta yang mewakili Kalteng sekaligus sebagai ajang promosi yang akan memberikan pengalaman dan wawasan dengan konsep B2B (Business to business) sehingga produsen dapat mengenalkan produk berkualitas ekspornya kepada calon buyer, sedangkan buyer sendiri dapat melihat secara langsung produk yang ditawarkan produsen, dari sini diharapkan timbul prospek bisnis.

Peserta kegiatan ini adalah para pelaku IKM. (Tyas/Foto:Arya)

Bayuningtyas Wulandari

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook