Plt. Sekda Kalteng Berikan Apresiasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kapuas

Kontribusi dari Widia Natalia, 05 Juni 2021 16:18, Dibaca 101 kali.


MMCKalteng – Kapuas - Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov Kalteng) H. Nuryakin memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas terhadap pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19. Hal ini disampaikan Plt. Sekretaris Daerah Kalteng saat menggelar Pertemuan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas, bertempat di Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Sabtu (5/6/2021).
“ Provinsi mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas terhadap pelaksanaan vaksinasi”, tutur H. Nuryakin.

Diketahui bahwa Plt. Sekretaris Daerah Kalteng telah sebelum menggelar pertemuan, terlebih dahula melakukan monitoring pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Basarang dan di Puskesmas Selat Kapuas. Saat melakukan monitoring, H. Nuryakin mengatakan bahwa masyarakat antusias melakukan vaksinasi.
“Saya sudah meninjau tadi. Masyarakat sangat antusias, ini yang kita harapkan”, imbuhnya.

(Baca Juga : Puluhan Ribu Warga Ikuti Jalan Sehat Kebangsaan)

Dalam pertemuan tersebut, H. Nuryakin berharap target vaksinasi di Kalteng tercapai, khususnya bagi lansia dan tenaga pendidik.

“Tugas pertama Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur setelah Pelantikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara yaitu vaksinasi di Kalteng harus terus berjalan. Hal ini harus menjadi komitmen kita bersama”, tandasnya.

Menjelang pelaksanaan sekolah tatap muka secara terbatas pada Juli 2021, prioritas vaksinasi kini juga diberikan pada para guru dan tenaga pendidik. Pemberian vaksin kepada tenaga pendidik merupakan sebuah upaya tindak lanjut akan rencana pemberlakukan pembelajaran pada Bulan Juli mendatang. Selain itu, target vaksinasi lansia di Kalteng terbilang lambat, sehingga perlu upaya-upaya masif dalam mendorong percepatan vaksin lansia.

Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat saat melakukan peninjauan mengatakan dalam pelaksanaan vaksinasi ini, selain bekerjasama dengan Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah serta stakeholder terkait, Pemerintah Daerah melakukan kerjasama dengan Camat serta Kepala Desa.

“Strateginya kita tugaskan Bapak Camat atau seluruh Kepala Desa bertanggung jawab untuk membawa lansia ke tempat vaksin. Ini yang kita lakukan, ini berjalan pada hari ini, di Basarang atau di mana-mana, seluruh Puskesmas dan di seluruh wilayah Kabupaten Kapuas. Jadi sistemnya begitu”, ucap Ben Brahim S. Bahat.

Lebih lanjut Ben Brahim S. Bahat menyampaikan, bagi masyarakat yang tidak mau di vaksin, akan berpengaruh terhadap bantuan yang di dapat dari Pemerintah. Hal ini guna mendorong percepatan vaksin di Kalteng.

“Untuk masyarakat, kalau tidak mau di vaksin, dipertimbangkan untuk di berikan bantuan langsung tunai seperti PKH dan bantuan lainnya. Pelaksanaan vaksin berjalan dengan baik, dilakukan dengan semangat dan saya berterimakasih kepada seluruh tenaga medis, Bapak/ibu dokter, perawat yang telah bersusah payah untuk melayani masyarakat”, pungkasnya.

Pertemuan tersebut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul. Dari Pemerintah Daerah hadir forkopimda serta Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas terkait. (WDY/Foto:Dede)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook