Desa Pasir Panjang Dicanangkan Sebagai Satu dari Seratus Desa Cantik di Indonesia

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 27 Mei 2021 21:01, Dibaca 239 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Desa Pasir Panjang menjadi satu dari seratus desa di seluruh Indonesia yang dicanangkan sebagai Desa Cinta Statistik. Desa Cinta Statistik atau disebut Desa Cantik merupakan program yang digagas oleh Badan Pusat Statistik (BPS) untuk membina, membangun, dan meningkatkan kompetensi aparatur desa agar mampu memahami tentang statistik. Dengan adanya program Desa Cantik, aparatur desa diharapkan mampu memahami statistik dengan lebih baik sekaligus dapat menjadi pelopor untuk melahirkan komunitas cinta statistik di desa mereka masing-masing. 

Launching yang digelar pada Kamis (27/5/2021) di Rumah Betang Pasir Panjang ini dihadiri oleh Wakil Bupati, Unsur Forkopimda, yang mewakili kepala BPS Prov. Kalteng, Kepala BPS Kobar, Camat Arut Selatan serta Kepala Desa dan beberapa tokoh desa Pasir Panjang. Dalam sambutannya Wakil Bupati Ahmadi Riansyah mengatakan jika peran desa sebagai satuan wilayah terkecil menjadi sangat penting berkaitan dengan penerapan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

(Baca Juga : SKTM Tidak Berlaku Lagi Setelah UCH)

Ahmadi menjelaskan jika pemerintah desa saat ini dituntut untuk mampu menyelenggarakan kegiatan statistik di wilayahnya masing-masing dalam rangka mendukung penguatan tata kelola pemerintahan di tingkat desa. “Saat ini desa juga bukan lagi berperan sebagai obyek pembangunan, melainkan sudah menjadi subyek pembangunan dan ujung tombak dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Ahmadi.

“Karena itulah kebijakan pembangunan di desa dapat lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat bagi masyarakat jika dilandasi data yang lengkap dan akurat,” tambahnya.

Ahmadi menambahkan saat ini desa berkontribusi sebesar 74% terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. “Angka ini tentu saja cukup besar dan berarti peran desa menjadi lebih dominan dalam pencapaian pembangunan berkelanjutan. Program Desa Cantik ini sebagai salah satu upaya mewujudkan target membangun kemitraan desa dengan BPS melalui penyediaan data-data yang diperlukan,” imbuh Ahmadi. (prokom kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook