Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah Laksanakan Sosialisasi Perizinan Kapal Perikanan bagi Nelayan Tangkap di Wilayah Kotawaringin Barat

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 27 Mei 2021 12:12, Dibaca 199 kali.


MMCKalteng – Kotawaringin Barat - Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) berkomitmen penuh dalam percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Kalimantan Tengah. Peningkatan produksi hasil perikanan tangkap yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab untuk kelangsungan sumber daya ikan dan elemen penting di dalamnya adalah pembinaan nelayan tangkap Kalimantan Tengah, salah satunya merupakan pembinaan perizinan kapal perikanan bagi nelayan tangkap Kalimantan Tengah.

Permasalahan yang dihadapi selama ini adalah rendahnya kesadaran nelayan terhadap pentingnya melengkapi dokumen perizinan kapal perikanan yang dimiliki. Masalah ini dikarenakan keterbatasan pengetahuan serta manfaat dan pentingnya melengkapi dokumen perizinan bagi nelayan tangkap Kalimantan Tengah. Berkenaan hal ini dapat terlihat dari hasil operasi pengawasan oleh Tim Dislutkan Prov. Kalteng dimana masih banyaknya kapal perikanan yang belum melengkapi dokumen perizinan kapal perikanan.

(Baca Juga : KPN Perikanan Dislutkan Kalteng Terima Kunjungan dari Perwakilan BTN Palangka Raya)

Sebagai wujud komitmen pembinaan, Dislutkan Prov Kalteng melaksanakan Sosialisasi Perizinan Kapal Perikanan kepada Nelayan Desa Kubu di Desa Kubu, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (27/5/2021). Kegiatan dihadiri Kepala Desa Kubu, Polairud Kabupaten Kotawaringin Barat, Ketua Kelompok Pokmaswas beserta anggota nelayan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran nelayan tangkap Kalimantan Tengah dalam melengkapi dokumen perizinan kapal perikanan dengan melakukan pendaftaran kapal perikanan yang dimiliki nelayan.

Dalam kegiatan ini disampaikan akan kewajiban nelayan untuk melengkapi dokumen perizinan kapal perikanan dengan melakukan pendaftaran kapal perikanan berdasarkan Peraturan Menteri KP No. 05 Tahun 2019 tentang Pendaftaran dan Penandaan Kapal Perikanan. Kegiatan ini memberikan informasi dan pengetahuan kepada nelayan berupa pentingnya mengurus dan memiliki dokumen perizinan kapal perikanan, jenis perizinan yang harus dimiliki, tata cara proses pengurusannya dan manfaat yang diperoleh.


Selanjutnya, dalam Peraturan Menteri KP No. 30 Tahun 2012 tentang Usaha Perikanan Tangkap di Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia (WPPRI) dan Peraturan Menteri KP No. 11 Tahun 2016 tentang Mekanisme Pelaksanaan Gerai Perizinan, dijelaskan bahwa Dokumen Perizinan Kapal Perikanan terdiri dari Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP), Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI) serta Buku Kapal Perikanan (BKP) bagi Kapal Perikanan ukuran >10 GT. Sedangkan untuk Kapal Perikanan ukuran < 10 GT akan melengkapi Tanda Daftar Kapal Perikanan (TDKP) dan Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP). Proses pengajuan pendaftaran kapal perikanan akan mengacu kepada 4 faktor yaitu Kapal (fisik dan dokumen kapal), alat penangkapan ikan yang ramah lingkungan dan sesuai aturan, awak kapal dan penanganan ikan.

Pada kesempatan ini, perwakilan nelayan Desa Kubu, Ali Hanafiah mengucapkan terima kasih kepada Tim Dislutkan Prov Kalteng yang memberikan komitmen pembinaan dan pendampingan kepada nelayan tangkap melalui informasi dan pengetahuan akan pentingnya bagi nelayan memiliki dokumen perizinan kapal perikanan yang akan memberikan ketenangan dalam melakukan kegiatan penangkapan ikan yang legal dan sesuai aturan, sehingga akan mendorong pada peningkatan produksi perikanan tangkap untuk memberikan peningkatan kesejahteraan nelayan Kalimantan Tengah. Selain itu Kepala Desa Kubu, Safrudin mengharapkan adanya koordinasi yang sinergis dan berkelanjutan untuk memberikan solusi terkait API yang dipergunakan nelayan yang mayoritas belum standar, kiranya ada program pemerintah melalui bantuan sarana prasarana dan pengembangan sektor budidaya di wilayah tersebut. (Fran/Foto: Adt)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook