Ketua Umum TP-PKK Pusat : TP-PKK Provinsi Kalteng Mampu Memberikan Program Nyata Dalam Memberdayakan dan Mensejahterakan Masyarakat di Daerah

Kontribusi dari Widia Natalia, 25 Mei 2021 15:45, Dibaca 244 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran resmi mengemban Jabatan sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) masa bakti 2021-2024 usai dilantik oleh Ketua Umum TP-PKK Pusat Tri Tito Karnavian di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sasana Bhakti Praja, Jakarta, Selasa (25/05/2021). Prosesi Pelantikan dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian serta Gubernur H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo.


Ketua Umum TP-PKK Pusat Tri Tito Karnavian mengawali sambutannya usai melantik Ketua TP-PKK Prov. Kalteng masa bakti 2021-2024 mengucapkan selamat kepada Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran sebagai Ketua Pengurus Tim Penggerak PKK Prov. Kalteng.

(Baca Juga : Pemprov. Kalteng Gelar Sosialisasi Permendagri Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyusunan APBD TA 2020)

“Tugas untuk memimpin gerakan PKK di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah kembali menjadi tanggung jawab ibu dan  saya yakin ibu akan mampu melaksanakannya”, tutur  Tri Tito Karnavian.

Lebih lanjut Tri Tito Karnavian menyampaikan, banyaknya permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini membutuhkan perhatian serius dari para pemangku kepentingan. Meningkatnya angka kemiskinan, tingginya angka stunting serta pandemi Covid-19 yang belum juga diketahui kapan berakhirnya menjadi tugas bersama.

“Saya berharap Tim Penggerak PKK dibawah kepemimpinan ibu, akan mendukung program tersebut serta menjadi mitra Pemerintah dalam melaksanakan program-program lainnya”, imbuhnya.

Selain itu, sebagai mitra strategis Pemerintah,  Tri Tito Karnavian berharap  hendaknya Tim Penggerak PKK Provinsi melaksanakan  program-program yang sinergi dengan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Tri Tito Karnavian juga memohon dukungan kepada Gubernur selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Provinsi untuk memberikan arahan dan dukungannya dalam mensukseskan Gerakan PKK di daerah.

“Keberhasilan program PKK di daerah sangat bergantung pada kebijakan Gubernur dalam mendukung sinergi program tersebut”, ungkap Tri Tito Karnavian.

Tri Tito Karnavian kembali menyampaikan, peran Ketua Tim penggerak PKK menjadi sangat penting dalam membawa dan mengarahkan organisasi dalam melaksanakan program untuk mencapai tujuan. Salah satu tugasnya adalah sebagai koordinator diwilayahnya dan menjadi tangan kanan TP-PKK Pusat dalam menjalankan visi dan misi Gerakan PKK. Untuk itu dituntut kepemimpinan Ketua Tim untuk dapat menyelaraskan program unggulan yang akan dilaksanakan, dengan  mensinergikan program dan kegiatan antar bidang/pokja.

Ketua Umum TP-PKK Pusat mengingatkan untuk terbentuknya TP-PKK yang mampu menjadi motor penggerak masyarakat kearah yang lebih baik serta TP-PKK yang responsive terhadap kondisi dan permasalahan di masyarakat untuk makukan inovasi terhadap program yang disusun, sinergi dengan Lembaga lain, kurangi kegiatan seremoni, jadikan PKK sebagai organisasi dinamis dan mampu menjawab tantangan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Saat ini masyarakat menunggu aksi nyata dan bisa dirasakan langsung.

“Dengan inovasi saya yakin PKK akan berkembang menjadi organisasi penting di masyarakat. Efektifkan anggaran APBN/APBD maupun APBDes. Gali sumber pembiayaan lainnya yang sah. Serta bangun partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif”, tandas Tri Tito Karnavian.

Terakhir, Tri Tito Karnavian berharap semoga dengan kepemimipinan Ketua Pengurus yang baru saja dilantik,  TP-PKK Prov. Kalteng akan mampu memberikan program yang lebih nyata dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga-keluarga di daerah, tunjukan bahwa kemitraan TP-PKK dengan Pemerintah Provinsi, mampu  memberikan sumbangsih dalam mendukung pembangunan bangsa.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook