Museum Balanga Adakan Lomba Manyipet Tingkat Pelajar SLTA/SMK/Madrasah Aliyah

Kontribusi dari Disbudpar Prov. Kalteng, 25 Mei 2021 13:54, Dibaca 135 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya -  Lomba Manyipet Tingkat Pelajar SLTA/SMK/Madrasah Aliyah kembali diadakan di Museum Balanga tahun 2021 pada Selasa (25/5/2021). Lomba ini merupakan kegiatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan oleh UPT. Museum Balanga Kalimantan Tengah untuk menyemarakkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke-64. Lomba diikuti oleh 9 SMA/SMK/Madrasah Aliyah di Palangka Raya yaitu SMAK Palangka Raya, MAS Annur, SMAN 4 Palangka Raya, SMA Muhammadiyah I Palangka Raya, SMKN 2 Palangka Raya, SMA NU Palangka Raya, SMKN 3 Palangka Raya, SMAN 3 Palangka Raya, SMA Rehobot, dan SMA Golden Christian School. Jumlah peserta yang berkompetisi terdiri dari 12 putra dan 10 putri.

Kegiatan dibuka secara resmi dengan sambutan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Dr. Guntur Talajan, S.H., M.Pd. Sebelum lomba dimulai, Kepala Dinas turut serta dalam memperagakan Manyipet bersama dengan Kepala UPT. Museum Balanga Hasanudin, S.H serta tamu undangan. Selanjutnya, lomba dimulai berdasarkan kategori putra dan putri secara bergantian mulai pukul 09.30 WIB sampai selesai dengan mematuhi protokol kesehatan.

(Baca Juga : Ketersediaan Alat PCR dan TMC Provinsi Kalimantan Tengah)


Pemenang Lomba Manyipet kategori putra dan putri diputuskan berdasarkan penilaian juri dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah. Pemenang Lomba Manyipet Kategori Putra yaitu Juara 1 Jimy Agustin (SMA Rehobot), Juara 2 M. Irfan Maulana (SMKN 2 Palangka Raya), dan Juara 3 Yoss Riadi (SMAK Palangka Raya). Selanjutnya, Pemenang Lomba Manyipet untuk Kategori Putri yaitu Juara 1 Gladys Saisadella (SMA Muhammadiyah I Palangka Raya), Juara 2 Jesika Violia (SMAN 4 Palangka Raya), dan Juara 3 Juwita Sudira (SMKN 3 Palangka Raya).

Lomba Manyipet diselenggarakan tiap tahunnya dengan tujuan pengembangan pelestarian sejarah, budaya, dan pariwisata di Kalimantan Tengah. Manyipet atau menyumpit ialah salah satu tradisi berburu masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah di masa lampau. Tradisi ini merupakan salah satu warisan budaya dan dilestarikan dalam bentuk permainan tradisional di masa sekarang. Pelestarian tradisi manyipet ini dipertahankan oleh pemerintah daerah bekerja sama dengan seluruh masyarakat terutama para generasi muda, komunitas, dan budayawan di Kalimantan Tengah. (AA-DKPKH/Foto: Edi)

Disbudpar Prov. Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook