Akibat Hujan Dengan Intensitas Tinggi, Banjir Landa Tiga Kabupaten di Prov. Kalteng

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 21 Mei 2021 11:34, Dibaca 4 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Akibat hujan turun secara terus-menurus dengan intensitas cukup tinggi yang melanda di wilayah Kalimantan Tengah mengakibatkan di beberapa Desa di Kabupaten mengalami luapan air yang mengakibatkan banjir. Banjir yang terjadi ini menggenangi sarana dan prasarana vital seperti jalan dan jembatan dan juga perumahan penduduk. 

Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Erlin Hardi mengatakan, “Sampai hari ini di wilayah Kalteng, Kabupaten yang mengalami banjir di sebagian wilayahnya atau Desanya terdapat di Kabupaten Kapuas, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Barito Utara. Sementara ini upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah, instansi terkait, perangkat Kecamatan dan perangkat Desa sedang melakukan pendataan di lokasi,“ ucapnya, Jumat (21/5/2021). 

(Baca Juga : Inspektorat Prov. Kalteng Lakukan Kegiatan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI)

“Banjir yang terjadi di Kabupaten Kapuas melanda Kecamatan Mandau Talawang di Desa Jakatan Masaha terdampak sekitar 120 Kepala Keluarga (KK), 80 rumah dan 1 rumah ibadah. Di Kecamatan Kapuas Tengah terdampak sekitar 7 Desa diantaranya Desa Pujon sebanyak 312 KK, Desa Bajuh sebanyak 100 KK, Desa Marapit sebanyak 125 KK, Desa Kota Baru sebanyak 109 KK, Desa Kayu Bulan sebanyak 150 KK, Desa Karukus sebanyak 13 KK, Desa Tapen sebanyak 109 KK. Di Kecamatan Kapuas Hulu, Kecamatan Timpah dan Kecamatan Pasak Telawang terjadi di Desa Supang, Desa Sei Ringin, Desa Dandang dan Desa Lawang Kamah, untuk ini masih dalam pendataan,“ sambungnya. 

“Banjir juga terjadi di Kabupaten Barito Utara, di Kecamatan Lahei telah menggenangi sebagian wilayah Desa Muara Pari dan Desa Mukut diantaranya RT.01, RT.02, RT.03 dan RT.04. Di Desa Karendan telah merendam fasilitas umum diantaranya Mesjid, Balai Basarah, SDN Karendan, dan Pustu. Di Kecamatan Lahei Barat telah menggenangi wilayah diantaranya Ujung Hulu Jembatan Sei Benao, Jembatan di Sei Induk, Jembatan Sei Use, Jembatan Sei Belanti, Jembatan Sei Punsi, Ujung Hulu Jembatan Jangkang Lama. Di Kecamatan Teweh Tengah banjir juga telah merendam wilayah diantaranya Desa Lemo I di Jalan KH. Hasan Basri, Jalan Flores, Gang Nikeardila, Gang Paraguai,  Gang Citra, Jalan Merak, Jalan Imam Bonjol. Di Kecamatan Gunung Timang telah menggenangi sebagian wilayah Desa Majangkan diantaranya RT.02, RT.03, RT.04, RT.05, RT.06 dan RT.09,“ tuturnya. 

“Sementara itu banjir juga terjadi di Kabupaten Lamandau dan pada saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lamandau beserta instansi terkait masih melakukan pendataan," tutupnya. (Hlm.21/5/2021 / DewiS / foto / Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook