Ketua TP-PKK : Upaya Perlindungan Perempuan dan Penguatan Ekonomi Melalui Pemberdayaan Perempuan Sangatlah Penting Dilakukan

Kontribusi dari Widia Natalia, 29 April 2021 12:29, Dibaca 2 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran menyampaikan perempuan Indonesia adalah sumber daya potensial yang apabila diberi kesempatan akan maju dan meningkatkan kualitasnya secara mandiri dan menjadi penggerak dalam dimensi kehidupan dan pembangunan Bangsa. Hal ini disampaikan Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran saat menjadi Keynote speech pada webinar Peringatan Hari Kartini ke-142 Tingkat Prov. Kalteng, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (29/4/2021).

Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran mengatakan namun masih ada fakta kurang menyenangkan bagi perempuan, kesenjangan pembangunan antara perempuan dan laki-laki, terbatasnya akses sebagian besar perempuan terhadap fasilitas kesehatan yang lebih baik, pendidikan yang lebih tinggi, kurang peran perempuan dalam lembaga publik yang lebih luas seperti partisipasi dibidang politik dan jabatan strategis dibidang Pemerintah.

(Baca Juga : Tekan Laju Inflasi, Pemprov Kalteng Terus Gelar Pasar Murah, Hari Ini di Kabupaten Kotawaringin Timur)

“Dan ketika perempuan menjadi pemimpin apakah mereka akan memiliki keberpihakan kepada perempuan lainnya. Inilah tantangan yang harus dijawab oleh perempuan diberbagai bidang masing-masing”, tutur Ivo Sugianto Sabran.

“Secara kultural, perempuan di Indonesia masih dibelenggu oleh budaya petriarki, perempuan disektor domestik, laki-laki disektor publik. Akses dan partisipasi perempuan dalam kepemimpinan masih rendah”, imbuhnya.

Lebih Lanjut Ivo Sugianto Sabran menyampaikan, akibatnya dalam politik laki-laki masih mendominasi, sehingga dalam menyusun perundangan belum banyak berpihak pada perempuan. Tantangan ini harus dijawab dengan dialog bersama kelompok laki-laki dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan anak sehingga persoalan perempuan merupakan persoalan bersama perempuan maupun laki-laki.

Seperti yang telah diketahui, pada saat ini, kita sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia dan tidak terkecuali di Kalteng. Pandemi ini sangat mempengaruhi roda kehidupan masyarakat baik secara ekonomi, kesehatan, pendidikan serta ketahanan pangan keluarga. Ivo Sugianto Sabran mengungkapkan, namun pada saat yang sama, kaum perempuan juga berperan penting sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 diberbagai Daerah.

Ivo Sugianto Sabran mengutarakan, upaya perlindungan perempuan dan penguatan ekonomi melalui pemberdayaan perempuan sangatlah penting dilakukan diantaranya yaitu dengan memaksimalkan potensi perempuan untuk menggerakan roda perekonomian khususnya di era digital ini. Perempuan memiliki potensi dan berperan besar dalam pembangunan Nasional, tidak terkecuali dibidang ekonomi. Hal ini dapat tercapai jika potensi tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal dan maksimal.

Selain itu, perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini juga menjadi tantangan sekaligus peluang bagi para perempuan untuk berkontribusi dalam berbagai sektor.

“Kaum perempuan harus siap dalam berkreasi dan berinovasi untuk selalu mengembangkan ketrampilan dan kemampuannya diberbagai usaha dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi di era digital ini”, tandas Ivo Sugianto Sabran.

Webinar Peringatan Hari Kartini ke-142 Tingkat Prov. Kalteng dihadiri Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian PPPA RI Vennetia R. Danes, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Purnamasasi, Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng Lies Fahimah, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, Ketua Bhayangkari Polda Kalteng, Ketua Dharma Pertiwi 102 Panju Panjung, Ketua Adhyaksa Dharma Karini Kalteng, Ketua Dharma Yukti Karini Pengadilan Tinggi, Ketua Dharma Yukti Karini Pengadilan Tinggi Agama dan Ketua DWP Prov. Kalteng.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook