Tanggap Cegah Karhutla, Jangan Biarkan Api Membesar Sehingga Sulit Dikendalikan

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 29 April 2021 12:01, Dibaca 165 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Dalam pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) yang hampir setiap tahun terjadi, harus adanya kesadaran untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat memicu hal tersebut terjadi. Sebab, meminimalisir kejadian lebih baik daripada harus menanggulangi. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov. Kalteng Erlin Hardi menyampaikan, “Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam menghadapi musim kemarau tahun 2021, memprioritaskan pencegahan melalui konsolidasi dan koordinasi dengan pemegang KPHP dan masyarakat sebagai pemilik lahan,” ucapnya, Kamis (29/4/2021). 

(Baca Juga : Dinas TPHP Prov Kalteng Berikan Bantuan 1 Ton Beras Untuk Korban Banjir di Kalteng)

“Selain itu melakukan monitoring dan pengawasan dari tingkat bawah dengan melibatkan pihak Kelurahan, Kecamatan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa dan Masyarakat Peduli Api (MPA) dalam Satgas Karhutla di lapangan yang akan tanggap melakukan pemadaman ketika di daerah atau wilayah mereka ditemukan titik api,” sambungnya. 

“Kami sampaikan kepada masyarakat agar tanggap dan segera antisipasi bila ditemukan titik api kecil, jangan dibiarkan api membesar, sehingga sulit dikendalikan,“ tutupnya. (Pky.29/4/2021/ DewiS & MAW &Abl/foto/Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook