Gubernur Kalteng Lakukan Uji Coba GeNose C19

Kontribusi dari Widia Natalia, 21 April 2021 21:01, Dibaca 164 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melakukan uji coba GeNose C19, bertempat di Istana Isen Mulang, Rabu (21/4/2021). GeNose merupakan singkatan dari Gajah Mada Elektronik Nose.

GeNose C19 adalah inovasi Universitas Gajah Mada (UGM) untuk mendeteksi secara tepat dan akurat. Dengan hanya menggunakan media hembusan nafas yang mana mampu mendeteksi virus Covid-19 dalam waktu yang sangat singkat yaitu 2 menit. Hasil uji profiling GeNose C19 menunjukkan tingkat akurasi 97%.

(Baca Juga : Kabid TIK Kominfo Kalteng Hadiri Diskusi Pemahaman Satu Data Indonesia )

 

Diketahui, Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo telah melakukan Launching GeNose C19 di Halaman Mako Ditsamapta Polda Kalteng, Senin (19/04/2021).


Saat melakukan launching, Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyampaikan penggunaan GeNose ini guna membantu Pemerintah Daerah memitigasi Covid-19 yang ada di wilayah Kalteng.
“Setelah dilakukan uji coba, hasilnya nanti akan saya laporkan ke Bapak Gubernur Kalteng” ucap Irjen Pol. Dedi saat melaunching GeNoce C19.

Dedi Prasetyo juga mengatakan bahwa pihaknya selain mendukung surat edaran Gubernur Kalteng, Polda Kalteng juga akan menerapkan untuk penggunaan GeNose C19 khususnya di beberapa Bandara, baik Bandara yang ada di Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sebelum melakukan Uji Coba GeNose C19, Gubernur Kalteng bersama Forkopimda Prov. Kalteng menggelar Rapat Koordinasi terkait pengawasan terhadap perjalanan orang yang masuk ke wilayah Prov. Kalteng.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Gubernur berharap Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng dan Korem 102/Panju Panjung beserta seluruh jajaran dan juga Perangkat Daerah/Instansi terkait dapat bersama-sama melakukan pengawasan terhadap perjalanan orang yang masuk ke wilayah Prov. Kalteng.
Nampak hadir di Istana Isen Mulang diantaranya Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Komandan Korem (Danrem) 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto. (WDY/Foto:Biro Adpim)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook