Tim Gabungan Lakukan Pemadaman Lahan di Area Lingkar Luar

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 21 April 2021 12:37, Dibaca 88 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Tim gabungan yang terdiri dari TRC Pusdalops BPBPK, TSAK Bukit Tunggal, Mangala Agni, BPBD Kota, BPK Putra Pahandut, TNI, dan Polri melakukan pemadaman dini kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang sedang terbakar di Jalan Viktoria arah lingkar luar Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Selasa (20/4/2021). Pemadaman dilakukan agar lahan yang terbakar tidak meluas sehingga dapat dikendalikan secepat mungkin. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBPK Prov. Kalteng Kibue A.Md.Kep, S.Sos, M.AP mengatakan, "Tim TRC BPBPK Prov. Kalteng diturunkan untuk melakukan upaya pencegahan dini agar kejadian kebakaran lahan yang terjadi ini tidak meluas sehingga dapat dikendalikan secepat mungkin, mengingat vegetasi lahan yang terbakar berupa semak belukar dan serasah dan merupakan tipe bergambut yang berpotensi menimbulkan asap yang tebal jika sedang terbakar,“ ucapnya.

(Baca Juga : Mankoraya Sosialisasikan Ujian Madrasah)


Di lokasi kejadian Camat Jekan Raya Sri Utomo, S.Pd., M.AP menyampaikan, “Kami menghimbau kepada masyarakat para pemilik lahan silahkan saja bersih-bersih lahannya, tapi harus dilakukan pemantauan dan diperhatikan, jangan melakukan pembersihan dengan cara membakar, mengingat sekarang ini masuk musim pancaroba dan sebentar lagi akan masuk ke musim kemarau,” ucapnya.

“Harapan kami kepada masyarakat secara khusus yang berada di wilayah Kecamatan Jekan Raya, Karhutla yang terjadi ini agar menjadi perhatian kita semua khususnya warga Kecamatan Jekan Raya, agar dalam melakukan pembersihan lahan tidak dengan cara dibakar dan menjaga lahannya supaya tidak terbakar dan kejadian ini tidak terulang kembali,” tutupnya. (Pky.21/4/2021/ DewiS & MAW &Abl/foto/Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook