Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Hadiri Launching GeNose C19

Kontribusi dari Bayuningtyas Wulandari, 19 April 2021 13:50, Dibaca 372 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nurul Edy mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri Launching GeNose C19 , bertempat di Halaman Mako Ditsamapta Polda Kalteng, Senin (19/04/2021). Acara ini dihadiri oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Danrem 102 PJG Brigadir Jenderal TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Badan Intelijen Negara Kalteng Brigjen Pol. M. Slamet Urip Widodo, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul serta para tamu undangan.

GeNose merupakan singkatan dari Gajah Mada Elektronik Nose. GeNose C19 adalah inovasi Universitas Gajah Mada (UGM) untuk mendeteksi secara tepat dan akurat. Dengan hanya menggunakan media hembusan nafas yang mana mampu mendeteksi virus Covid-19 dalam waktu yang sangat singkat yaitu 2 menit. Dan hasil uji profiling GeNose C19 menunjukkan tingkat akurasi 97%.

(Baca Juga : Dinas PTSP Prov. Kalteng Buka Layanan Perijinan Pada Event Kalteng Trade Expo)

Launching GeNose C19 dilakukan secara langsung oleh Kapolda Kalteng ditandai dengan pengguntingan pita secara simbolis. Launching ini digelar bersamaan dengan Apel Gelar Personil dan Prasarana (sarpras) 4 Fokus Polda Kalteng , Pemberian Penghargaan Personel Berprestasi, Penyerahan Senpi Scorpio Beserta Amunisi, Pencanangan Tim Anti Street Crime, Launching Peliput Polri TV dan Radio Presisi Polri.

Kapolda menyampaikan ucapan terima kasih kepada Biddokkes Polda Kalteng.

“Kami berterimakasih kepada Biddokkes Polda Kalteng yang sudah berkominukasi dengan rekan-rekan dari UGM tentang GeNose C19” ucap Dedi Prasetyo.

“Alhamdulilah dengan fase yang cukup panjang kita pesannya sudah hampir beberapa bulan baru mendapatkan GeNose C19. Insyaallah kita juga membantu Pemerintah Daerah guna memitigasi Covid-19 yang ada di wilayah Kalteng” paparnya.

Lebih lanjut Dedi Prasetyo mengungkapkan bahwa GeNose C19 yang baru dilaunching saat ini akan dilakukan uji coba.

“Setelah dilakukan uji coba, hasilnya nanti akan saya laporkan ke Bapak Gubernur Kalteng” imbuhnya.

Dedi Prasetyo juga mengatakan bahwa pihaknya selain mendukung surat edaran Gubernur Kalteng, Polda Kalteng juga akan menerapkan untuk penggunaan GeNose C19 khususnya di beberapa Bandara, baik Bandara yang ada di Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Termasuk pelabuhan yang ada di Kobar, Kotim kalau bisa kita menggunakan GeNose C19 sebagai screening awal untuk mencegah Covid-19 masuk ke wilayah Prov. Kalteng” pungkasnya.

Ditemui usai menghadiri launching H. Nurul Edy mengungkapkan bahwa Pemprov Kalteng sudah mengusahakan pengadaan GeNose C19.

“Pemerintah Provinsi Kalteng sebenarnya sudah mengusahakan pengadaan GeNose C19. Sudah pesan, namun full antrian.” tutur Nurul Edy.

“Kedepannya GeNose C19 akan diadakan ditempat-tempat strategis di tempat kita. Rencananya demikian. Sedangkan tempat-tempat yang sedianya untuk GeNose C19 diutamakan oleh Pemprov Kalteng yaitu ditempat masuk dan berangkat masyarakat Kalteng. Bisa di bandara, terminal dan tempat layanan publik lainnya.” pungkas Nurul Edy. (Babay / Donie)

Bayuningtyas Wulandari

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook