Kanwil Kemenkumham Kalteng Laksanakan Upacara Peringatan Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2018 di Halaman Lapas Palangka Raya

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 30 Oktober 2018 16:53, Dibaca 6 kali.


MMCKalteng – 30 Oktober merupakan hari yang sangat bersejarah bagi seluruh Insan Pengayoman diseluruh penjuru tanah air. Karena pada hari tersebut Kementerian Hukum dan HAM RI memperingati hari jadinya. Pada peringatan ditahun 2018 ini mengangkat tema yakni Sinergi Kerja –Kami PASTI.

Di Kalimantan Tengah khususnya Kota Palangka Raya, upacara Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) dipusatkan dihalaman Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Palangka Raya dimana peserta yang mengikuti upacara tersebut yakni seluruh pegawai dari Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi Se-Kota Palangka Raya dan Kasongan.

(Baca Juga : Bhakti Sosial Sebagai Rangkaian HDKD Dilakukan LPKN Kasongan, Lapas Pangkalan Bun dan Rutan Tamiyang Layang)

Dalam upacara, Plt. Kepala Kantor Wilayah Budi bertindak sebagai Inspektur upacara. dimana dalam amanatnya Plt. Kakanwil membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly.

Pada amanat tersebut dikatakan bahwa arti Dharma merupakan kewajiban/aturan yang benar, Karya dapat diartikan sebagai hasil perbuatan dan Dhika merupakan anak manusia yang diberikan kelebihan. Oleh karena itu Dharma Karya Dhika diartikan secara menyeluruh adalah Manusia diberikan kelebihan untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan kewajibannya. Hal ini tentulah menjadi suatu makna yang sangat mendalam bagi setiap Insan Pengayoman.

Pada peringatan HDKD Tahun 2018 ini kita mengangkat tema “ SINERGI KERJA-KAMI PASTI” dengan maskot Tupai yang menggambarkan hewan yang cerdas, lincah, tangguh dan pantang menyerah. Makna dari semua ini mengharuskan kita sebagai insan Pengayoman harus mampu “bekerja keras” dan “bekerja bersama”, berjiwa kesatria untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Sudah saatnya kita bergandengan tangan, bahu membahu dan mencari solusi secara bersama-sama sehingga setiap persoalan yang dihadapi Kemenkumham dapat ditangani dan diselesaikan dengan baik.

Melalui momentum HDKD 2018 ini Menkumham mengajak kita semua agar melaksanakan lima poin yang diamanahkan diantaranya 1) Senantiasa taat beribadah dan berdoa, memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kita diberikan keselamatan dan kasih sayang-Nya; 2) Ambil Hikmah dari setiap musibah, jangan berputus asa dalam menghadapi conaan dan tantangan, karena ada Tuhan Yang Maha Kuasa bersama kita; 3) Saling sinergi, bersatu dalam bekerja dan berkinerja, karena perpecahan hanya akan menimbulkan kesengsaraan bagi kita semua; 4) Terus pelihara kelestarian alam semesta, mulai dari menjaga lingkungan sekitar dan mengurangi penggunaan produk-produk yang merusak lingkungan; 5) Jaga nama baik bangsa dan negara, khususnya Institusi Kemenkumham, miliki Integritas serta buatlah prestasi yang membanggakan dan hilangkan stigma negatif tentang Kementerian kita, ungkap Menkumham. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Okt 2018)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook