Tingkatkan PAD, Bapenda Kobar Lakukan Penagihan Langsung ke Wajib Pajak Reklame

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 08 April 2021 16:03, Dibaca 163 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat – Dalam rangka peningkatan Pendapatan Asil Daerah (PAD), Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melakukan penagihan Piutang Pajak Daerah Pajak Reklame di Desa Medang Sari, Kecamatan Pangkalan Lada pada Kamis (8/4/2021). Pajak Reklame adalah benda, alat, perbuatan, atau media yang bentuk dan corak ragamnya dirancang untuk tujuan komersial memperkenalkan, menganjurkan, mempromosikan, atau menarik perhatian umum terhadap barang, jasa, orang, atau badan, yang dapat dilihat, dibaca, didengar, dirasakan dan dinikmati oleh umum. Pengenaan Pajak Reklame diatur pada Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Pajak Reklame.

Bapenda melakukan penagihan langsung kepada wajib pajak yang terhutang pajak dari tahun-tahun sebelumnya. Giat ini merupakan cara Bapenda Kobar untuk memberikan wawasan kepada wajib pajak untuk melakukan kewajibannya dalam membayar pajak daerah.

(Baca Juga : Plh. Bupati Pulang Pisau Tinjau Kontingen PSA)

“Penagihan yang kita lakukan merupakan salah satu giat untuk kita meningkatkan PAD Kobar. Di masa Pandemi Covid-19 kita akan terus melaksanakan kewajiban kita yang sudah diamanahkan kepada Bapenda sebagai pemangku PAD di Kobar. Giat ini akan kita lakukan di desa/kelurahan lainnya yang ada di Kobar,” ucap Kepala Bapenda Kobar, Molta Dena.

Di tahun 2021, lanjut Molta, Bapenda Kobar memiliki target Pajak Reklame sebesar Rp. 2,3 miliar dan di awal bulan April ini target yang sudah terealisasikan baru tercapai 7,69% dari target yang sudah disepakati. Kepala Bidang Penagihan, Pembukuan dan Pelaporan, Muhammad Firmansyah Permana mengatakan terkait kendala yang ditemukan pada saat giat ini.

“Banyaknya wajib pajak yang mengaku bahwa mereka tidak mendapatkan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah) dan juga wajib pajak yang tidak ada di tempat,” ungkap Firmansyah.

Hasil di lapangan yang sudah dilaporkan akan menjadi bahan evaluasi Bapenda untuk giat selanjutnya. Dan juga kepada wajib pajak, Bapenda Kobar mengimbau untuk melakukan kewajibannya membayar pajak daerah sebagai kontribusi untuk pembangunan daerah khususnya Kabupaten Kobar.

“Mari kita memberikan semangat juang pembangunan dan juang pajak untuk membangun daerah yang kita cintai ini. Saya selaku Kepala Bapenda Kobar tidak henti-hentinya untuk mengimbau kepada seluruh masyarakat kobar selaku wajib pajak mari kita bayar pajak sebelum jatuh tempo agar terhindar dari denda administrasi,” ajak Molta. (bapenda kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook