Kadislutkan Prov Kalteng Ikuti Pembukaan MUSRENBANG Prov. Kalteng Tahun 2021

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 08 April 2021 11:01, Dibaca 308 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ir. H. Darliansjah, M.Si mengikuti Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Prov. Kalteng Tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi zoom cloud meeting bertempat di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng, Kamis (8/4/2021). Dalam acara ini, Kadislutkan Prov. Kalteng didampingi Pejabat Eselon III dan Eselon IV lingkup Dislutkan Prov. Kalteng.

Musrenbang merupakan instrumen dari proses perencanaan pembangunan sehingga secara teknis berbagai keputusan dalam pelaksanaan pembangunan dirumuskan bersama dan dilaksanakan sesuai dengan jenjang pemerintahan. Musrenbang adalah forum antarpelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan Nasional dan rencana pembangunan Daerah.

(Baca Juga : Perkembangan Pelaksanaan PPKM di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah)

Musrenbang diatur dalam Undang-undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan diatur oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas untuk tingkat nasional dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Musrenbang Prov. Kalteng merupakan suatu forum musyawarah yang dilaksanakan secara tahunan dengan melibatkan para pemangku kepentingan (stakeholder) mengenai kegiatan-kegiatan prioritas pembangunan Prov. Kalteng yang difasilitasi oleh Bappedalitbang Prov. Kalteng.

Pada tahun 2021 ini, Pembukaan Musrenbang Prov. Kalteng dilaksanakan secara virtual sesuai Undangan Gubernur Kalimantan Tengah dikarenakan kondisi pendemi covid-19, dan akan dilanjutkan pada hari Jumat tanggal 09 April 2021 dengan agenda Desk Musrenbang Prov. Kalteng Tahun 2021 yang juga akan dilaksanakan secara virtual. Acara ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Prov. Kalteng dan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas yang diwakili oleh Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Anggota DPR RI Dapil Kalteng, Anggota DPD RI Dapil Kalteng, Forkopimda dan Anggota Pendukung Forkopimda Prov. Kalteng, DPRD Prov. Kalteng, TP PKK Prov. Kalteng, Walikota dan Bupati se-Kalimantan Tengah, Sekretariat Daerah Prov. Kalteng, OPD Prov. Kalteng, Kepala Bappeda se-Kalimantan, Instansi vertikal Prov. Kalteng, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Perusahaan Daerah / BUMD Prov. Kalteng, Tokoh Masyarakat/Tokoh Agama/Tokoh Adat, dan Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan/Agama / Kepemudaan/Asosiasi dan Profesi.

Musrenbang Prov. Kalteng Tahun 2021 ini dimaksudkan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi, dan kesepakatan terhadap rancangan RKPD tahun 2022, dengan tujuan untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah, serta klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan provinsi dan program kegiatan kabupaten/kota yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kabupaten/Kota.


Dalam kesempatan ini Kadislutkan Prov. Kalteng menyampaikan, “Semoga melalui kegiatan Musrenbang Prov. Kalteng ini dapat menghasilkan program dan kegiatan prioritas yang dapat membawa Kalimantan Tengah semakin berkah, terutama di sektor kelautan dan perikanan,” ucap H. Darliansjah. (TN/Foto: CK)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook