Sekda Lantik Pejabat Fungsional Lingkup Pemprov Kalteng

Kontribusi dari Bayuningtyas Wulandari, 05 April 2021 12:50, Dibaca 39 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri, S.Hut., MP melantik Pejabat Fungsional dan mengambil Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Kalteng, Senin (5/4/2021). Pelantikan digelar secara langsung di Aula Eka Hapakat dan diikuti juga secara virtual dari tempat masing-masing.


Secara keseluruhan Pejabat Fungsional dan PNS yang dilantik dan diambil sumpah/janjinya berjumlah 83 (delapan puluh tiga) orang, dengan rincian 41 (empat puluh satu) orang Pejabat Fungsional dan 42 (empat puluh dua) PNS.

(Baca Juga : Tim Ahli UGM Haidar Alwi : Optimis Provinsi Kalteng akan menjadi suatu provinsi besar dan kaya)


Pelantikan Pejabat Fungsional merupakan amanat Undang - Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara nomor 7 tahun 2017 tentang tata cara pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator, Jabatan Pengawas, Jabatan Fungsional dan Jabatan Pimpinan Tinggi. Adapun pejabat fungsional yang dilantik secara langsung adalah Sapto Nugroho Handono Wareh, yang menduduki jabatan fungsional Auditor Ahli Utama dari Instansi Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah, Rio Jenerio, S.H yang menduduki jabatan fungsional Pranata Komputer Ahli Pertama dan Jovi Indo Barus, S.H yang menduduki jabatan fungsional Perancang Peraturan Perundang - Undangan Ahli Pertama dari Biro Hukum Setda Provinsi Kalimantan Tengah.

Sedangkan dari Pengambilan sumpah/janji PNS yang dilantik secara langsung ialah Sugianto, S.P dari Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Tengah, Elsa Pebrianti, S.E dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, dan Veronika Budi Lestari, S.E dari Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Kalimantan Tengah. Selanjutnya Pejabat Fungsional dan PNS lainnya mengikuti prosesi acara secara daring melalui zoom meeting.

Adapun uraian jumlah dan Jenis Jabatan Fungsional PNS yang dilantik sebagai berikut :
1. Jabatan Fungsional Auditor Ahli Utama : 1 (satu) orang
2. Jabatan Fungsional Perancang Peraturan Perundang - Undangan : 3 (tiga) orang
3. Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian Ahli Pertama : 1 (satu) orang
4. Jabatan Fungsional Perancang Peraturan Perundang - Undangan Ahli Muda: 4 (empat) orang
5. Jabatan Fungsional Perancang Peraturan Perundang - Undangan Ahli Pertama: 3 (tiga) orang
6. Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang / Jasa Pertama : 4 (empat) orang
7. Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang / Jasa Muda : 7 (tujuh) orang
8. Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang / Jasa : 1 (satu) orang
9. Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian Pertama : 3 (tiga) orang
10. Jabatan Fungsional Arsiparis Ahli Pertama : 2 (dua) orang
11. Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian Muda : 2 (dua) orang
12. Jabatan Fungsional Fungsional Penata Ruang Pertama : 1 (satu) orang
13. Jabatan Fungsional Pranata Komputer Terampil : 1 (satu) orang
14. Jabatan Fungsional Pranata Komputer Ahli Pertama : 3 (tiga) orang
15. Jabatan Fungsional Penerjemah Ahli Pertama : 1 (satu) orang
16. Jabatan Fungsional Pengawas Perikanan Muda : 1 (satu) orang
17. Jabatan Fungsional Pengawas Perikanan Pertama : 1 (satu) orang
18. Jabatan Fungsional Analis Pasar Hasil Perikanan Muda : 1 (satu) orang
19. Jabatan Fungaional Arsiparis Ahli Madya : 1 (satu) orang

Pelantikan Pejabat Fungsional di Instansi Pemerintah merupakan bagian dari kehidupan organisasi, dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

Sekda Fahrizal Fitri menyampaikan bahwa pelantikan ini bukan semata-mata untuk menempatkan figur-figur Pejabat Fungsional pada jabatan profesi dan kepentingan tertentu.
“Namun, lebih diutamakan dalam pengembangan karier, pembenahan dan pemantapan organisasi seiring dengan bergulirnya reformasi birokrasi pemerintah yang menuntut efisiensi dengan efektifitas birokrasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat”, pungkas Fahrizal.

Sekda berharap Pejabat Fungsional dapat menitikberatkan pelayanan dan pengabdiannya secara profesional, bukan berorientasi atau termotivasi untuk cepat naik pangkat dan mengejar tunjangan semata.

Turut Hadir pada acara pelantikan diantaranya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng H. Nurul Edy, Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng Lies Fahimah, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Prov. Kalteng Istani serta para tamu undangan lainnya. (Babay / Donie)

Bayuningtyas Wulandari

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook