Dukungan Seluruh Elemen Masyarakat Untuk Terus Sosialisasikan Covid-19

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 04 April 2021 14:42, Dibaca 290 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Penanganan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah terus berjalan seiring dengan masih adanya pasien yang terpapar setiap harinya. Melalui Satgas Penanganan Covid-19 Pusat menyampaikan pemerintah memastikan program vaksinasi berjalan sesuai rencana. Karena hal ini merupakan komitmen pemerintah agar masyarakat terlindungi dari paparan virus Covid-19.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) melalui Kepala Bidang Sekretariat Maria Cahaya, SP, M.Si mengatakan, “Pemerintah meminta masyarakat tidak khawatir karena hingga saat ini jumlah vaksin masih mencukupi. Saat ini yang kami harapkan dari masyarakat untuk tetap mematuhi penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) dan menjadi kebiasaan hidup sebagai tuntutan dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Sebagian masyarakat telah patuh Prokes, namun masih saja ada sebagian lainnya yang kurang memiliki kesadaran untuk menerapkan prinsip Prokes, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,“ ucapnya, Minggu (4/4/2021). 

(Baca Juga : Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I dan II Tahun 2021)

“Setiap harinya jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Tengah selalu bertambah. Setiap orang harus mau dan mampu melakukan perubahan perilaku terutama kepatuhan terhadap Prokes, sehingga dapat mencegah terjadinya penularan Covid-19. Jumlah akumulasi data sampai dengan hari Sabtu 3 April 2021, pasien konfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Tengah bertambah sebanyak 90 orang dengan total kasus mencapai 17.484 orang. Penambahan pasien dinyatakan sembuh sebanyak 77 orang dengan total kasus mencapai 15.138 orang. Dan penambahan pasien dinyatakan meninggal dunia mengalami penambahan sebanyak 6 orang sehingga total menjadi 437 orang atau dengan tingkat kematian Case Fatality Rate (CFR) 2,5 persen,“ jelasnya. 

"Data ini menunjukkan kepada kita semua bahwa sejak tanggal 12 Maret 2020 dimana kasus pertama kali yang terkonfirmasi positif Covid-19 sampai dengan saat ini, penambahan kasus konfirmasi baru selalu terjadi setiap hari di Kalimantan Tengah. Hal ini berpotensi terus terjadi jika masyarakat tidak disiplin menerapkan Prokes dalam aktivitas sehari-hari. Kami mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kalimantan Tengah melihat kenyataan penyebaran Covid-19, dan tidak ada lagi yang berpikir bahwa ini merupakan sebuah konspirasi dan meminta dukungan seluruh elemen masyarakat untuk terus mensosialisasikan ancaman Covid-19, sehingga seluruh masyarakat dapat menyadari ancaman Covid-19 dan secara sadar disiplin menerapkan Prokes sebagai suatu bentuk adaptasi kebiasaan baru dalam aktivitas sehari-hari," sambungnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Penyemprotan Disinfektan Noor Aswad, S.Hut menyampaikan, “Tim Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng hari ini melaksanakan penyemprotan disinfektan di beberapa titik di wilayah Kota Palangka Raya sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19,“ tutupnya. (Pky.4 / 04/2021 / DewiS & MAW & Abl / foto / Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook