Kesiapan Sarana Prasarana BPBPK Prov. Kalteng Hadapi Karhutla Tahun 2021

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 31 Maret 2021 17:59, Dibaca 143 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) ikut dalam kegiatan Apel Karhutla dan Kesiapan Sarana Prasarana yang digelar di Lapangan Barigas Polda Kalteng Jalan Tjilik Riwut Km. 1 Palangka Raya, Rabu (31/3/2021). Kegiatan Apel Karhutla dan Kesiapan Sarana Prasarana di Polda Kalteng tahun 2021 tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum.,M.Si.,M.M serta dihadiri oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Danrem 102 Panju/Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Dandenpom XII/2, BPBPK Prov. Kalteng, Satpol PP Prov. Kalteng, BPPIKHL (Manggala Agni), MPA (Masyarakat Peduli Api) dan perwakilan perusahaan perkebunan swasta di Kalteng yang hadir secara langsung di lapangan Barigas Polda Kalimantan Tengah.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yakin bahwa dengan melakukan sosialisasi, edukasi pencegahan secara preventif  dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat dapat mencegah dan mengatasi Karhutla di Kalteng. Dalam gelar Apel Karhutla dan Kesiapan Sarana Prasarana tersebut, Kapolda Kalteng dan Danrem 102/PJG saat mendampingi Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, memantau secara langsung kondisi dan kesiapan dari personel, sarana dan prasarana pemadam Karhutla dalam kesiapsiagaan menghadapi Karhutla tahun 2021.

(Baca Juga : Penyaluran Bansos Menggunakan Helikopter)

Apel Karhutla dan Kesiapan Sarana Prasarana tersebut dilaksanakan sebagai upaya kesiapan dalam melakukan pencegahan dan menanggulangi bencana Karhutla yang akan dihadapi khususnya di wilayah Prov. Kalteng. Selain melakukan pengecekan sarana dan prasarana Karhutla, kegiatan gelar Apel Karhutla dan Kesiapan Sarana Prasarana ini didemonstrasikan fungsi dan cara penggunaannya, yang dilakukan oleh personil simulasi baik dari pihak TRC BPBPK Prov. Kalteng dan Pihak dari personil Manggala Agni di hadapan Kapolda, Gubernur dan Danrem dan media publikasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan  BPBPK Prov. Kalteng Kibue A.Md.Kep, S.Sos, M.AP mengatakan, “Pencegahan dini dapat dimulai dari patroli, sosialisasi dan edukasi mengenai Karhutla sehingga kejadian Karhutla yang terjadi dapat dengan cepat ditangani, ditambah dengan upaya masif mendekati masyarakat sebagai pemilik lahan untuk secara bersama-sama mencegah terjadinya Karhutla,“ ucapnya.

“Dalam Kegiatan Apel Karhutla dan Kesiapan Sarana Prasarana tersebut semua yang hadir mentaati protokol kesehatan Covid-19,” tutupnya. (Pky.31/3/2021 / DewiS & MAW & Abl / foto / Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook