Gubernur Kalteng Hadiri Apel Siaga Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Lahan dan Hutan

Kontribusi dari Widia Natalia, 31 Maret 2021 17:27, Dibaca 98 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menghadiri Apel Siaga Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla), bertempat di halaman Polda Kalteng, Rabu (31/3/2021). Apel gelar pasukan ini diinisiasi oleh Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng. 


Peserta Apel gelar pasukan terdiri dari TNI, Polri, Pol PP, BPBD dan Pemadam Kebakaran (Damkar). Apel gelar pasukan dihadiri secara khusus oleh Dankor Brimob Polri Irjen Pol Anang Revandoko melaksanakan asistensi dan supervisi penanganan karhutla Polda Kalteng di wilayah Kalteng serta Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo dan Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto.

(Baca Juga : Penanganan Konten yang Melanggar Nilai dan Norma Sosial Budaya)


Gubernur H. Sugianto Sabran memberikan apresiasi asistensi yang dilaksanakan Dankor Brimob serta kesiapan persipnil TNI/Polri, serta BPBD, Pol PP, dan Damkar, dalam upaya melakukan pencegahan dan penanganan Karhutla di wilayah Kalteng.



“Terimakasih Pak Dankor Brimob, Kapolda, Danrem, dan seluruh personil, yang melaksanakan asistensi dan supervisi hingga kesiap siagaan dalam upaya pencegahan dan penanganan karhutla di wilayah Kalteng”, tutur H. Sugianto Sabran.

Gubernur yakin dengan terus melakukan sosialisasi dan edukasi, dapat membantu bersama sama agar Kalteng terhindar dari bencana larhutla dan asap,” kata Gubernur Sugianto.

Sementara itu, Dankor Brimob Polri Irjen Pol Anang Revandoko menyampaikan bahwa Polda Kalteng, sudah siap dalam melakukan upaya upaya pencegahan dan penanganan karhutla.


“Kita melihat Polda Kalteng, sudah siap dalam melakukan upaya upaya pencegahan dan penanganan karhutla”, ucap Irjen Pol Anang Revandoko.


“Bersama dengan Korem, jajaran Pemprov, Pemkab/Pemko, Damkar, melakukan berbagai edukasi dan kesiapan penanganan dan pencegahan karhutla. Nantinya hal ini juga disiapkan dan terus ditingkatkan agar dapat melakukan penanganan dan pencegahan sejak dini, menggunakan sarana prasarana kendaraan dan alat dari Polda, Korem, Pemprov, Damkar dan lainya,” tambahnya.


Irjen Pol Anang Revandoko juga menyampaikan, kesolidan dan kekompakan seluruh personil dalam upaya pencegahan dan penanganan menjadi acuan sehingga dapat mendeteksi awal dan penanganan secara cepat agar tidak menjalar luas atau upaya pencegahan awal.


“Mulai dari patroli, edukasi dan sosialisasi mengenai karhutla hingga cepat menangani, diyakini dapat mencegah terjadinya karhutla, ditambah dengan upaya masif mendekati masyarakat untuk bersama sama mencegah karhutla,” pungkasnya.


Usai mengikuti Apel gelar pasukan, Gubernur Kalteng bersama Dankor Bromob Polri,  Kapolda Kalteng, Danrem 102/PJG melihat kondisi peralatan pemadam seperti alat pendeteksi, dron, mobil water canon, helikopter, speedboad, sampai mobil mini penanganan karhutla. (Ist)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook