Joko Widodo : Tahun 2020 Food Estate di Kalteng Seluas 30.000 ha

Kontribusi dari Widia Natalia, 08 Oktober 2020 14:29, Dibaca 266 kali.


MMCKalteng – Pulang Pisau – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo melakukan penanaman perdana di kawasan Food Estate yang berada di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (08/10/2020). Penanaman perdana sekaligus menandai dimulainya Program Lumbung Pangan Nasional di Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) tepatnya di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas seluas 168.000 ha.                      

Setelah meninjau Food Estate, Presiden Joko Widodo memberikan keterangan Pers bahwa untuk Tahun 2020 program Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau akan dikembangkan dilahan seluas 10.000 ha. Sementara, di Kabupaten Kapuas akan dikerjakan dilahan seluas 20.000 ha.

(Baca Juga : Pasangan Nomor Urut 2 H. Sugianto Sabran dan H. Edy pratowo Ditetapkan Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Pada Pilkada Kalteng Tahun 2020)

“Di Prov. Kalteng untuk Tahun 2020 adalah 30.000 ha”, tutur Joko Widodo.

Lahan Food Estate akan dikembangkan menggunakan alat dan mesin pertanian modern.

“Pemupukan kita memakai drone, kemudian untuk membajak sawah memakai traktor apung, ini traktor khusus yang dipakai,” imbuhnya.

Joko Widodo juga mengungkapkan Food Estate di Prov. Kalteng  tidak hanya untuk persawahan tetapi juga akan ditanami tanaman lainnya. Food Estate di Prov. Kalteng merupakan  model percontohan yang akan direplikasi di Daerah lain.

“Dengan cara-cara ini kita harapkan pendapatan petani akan naik. Tidak hanya dari padi tapi juga dari jeruk, dari bawang merah, dari kelapa, dan dari ikan, plus juga dari itik,” tutup Joko Widodo.(WDY/SS)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook