SMA Negeri 1 Palangka Raya Laksanakan USBK Moda Daring

Kontribusi dari Rikah Mustika, 30 Maret 2021 11:03, Dibaca 109 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) di SMA Negeri 1 Palangka Raya dilaksanakan dengan moda daring. USBK ini digelar mulai 29 Maret 2021 sampai dengan 7 April 2021. Kegiatan diawali dengan penyampaian arahan dari kepala sekolah dan doa bersama. Kegiatan USBK diikuti oleh siswa XII yang berjumlah 395 orang.

Dalam pelaksanaan kegiatan USBK moda daring, para siswa menjawab soal-soal USBK dari rumahnya masing-masing. Kebijakan ini ditempuh karena kota Palangka Raya masih masuk zona merah pandemi Covid-19. Dengan demikian, yang hadir di sekolah hanya teknisi dan proktor, sedangkan pengawas ruang bisa datang ke sekolah atau dari rumah. Semua kegiatan di sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini disampaikan oleh kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin usai memantau kegiatan USBK hari pertama di labkom SMA Negeri 1 Palangka Raya, Senin (29/3/2021).

(Baca Juga : SMA Negeri 1 Palangka Raya Gelar Uji Coba Tahap 2 USBK dengan Aplikasi AIOCBT)

“Alhamdulillah, hari ini SMA Negeri 1 Palangka Raya melaksanakan kegiatan USBK dengan moda daring. Kegiatan ini diikuti seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 395 orang dan semuanya hadir. Para siswa menjawab soal-soal USBK dari rumahnya masing-masing. Kebijakan ini ditempuh karena kota Palangka Raya masih masuk zona merah pandemi Covid-19. Dengan demikian yang hadir di sekolah hanya teknisi dan proktor, sedangkan pengawas ruang bisa datang ke sekolah atau dari rumah. Semua kegiatan di sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Laki-laki yang sering disapa Pak Haji ini juga berharap kepada para siswa agar tetap menjaga kesehatan dan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kesehariannya di rumah. Sehat adalah modal utama untuk bisa mengikuti USBK. Siswa juga diminta harus memiliki motivasi belajar yang tinggi. Selain itu, para siswa harus punya rasa percaya diri dan mandiri serta memiliki karakter yang jujur dan bertanggung jawab dalam menjawab soal-soal ujian.

“Saya berharap agar para siswa kelas XII tetap menjaga kesehatannya agar mampu mengikuti kegiatan USBK. Selain itu para siswa juga harus punya rasa percaya diri dan mandiri serta memiliki karakter yang jujur dan bertanggung jawab dalam menjawab soal-soal ujian,” ujarnya.

Kepala sekolah ini juga menyampaikan agar orang tua selalu melakukan komunikasi dengan pihak panitia USBK bila anaknya mengalami kendala sarana maupun prasarana ketika mengikuti ujian. Pihak sekolah selalu siap memberikan bantuan atau pelayanan agar kendala tersebut segera dapat diatasi. Jadi, semua siswa kelas XII SMA Negeri 1 Palangka Raya harus mengikuti ujian akhir ini dengan baik.


Di tempat terpisah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum sekaligus ketua panitia, Drs. Edral Gandi juga menyampaikan rasa syukurnya karena pada pelaksanaan USBK hari pertama terlaksana dengan baik dan lancar. Semua siswa yang berjumlah 395 orang hadir. Selain itu, para teknisi, proktor dan pengawas ruang juga telah melaksanakan tugasnya dengan baik pula. Semoga hari-hari selanjutnya pada pelaksanaan USBK tahun ini dapat terlaksana dengan sukses.

“Pelaksanaan USBK moda daring pada hari pertama terlaksana dengan baik dan lancar. Siswa kelas XII yang berjumlah 395 orang semuanya hadir. Selain itu, para teknisi, proktor dan pengawas ruang juga telah melaksanakan tugasnya dengan baik,” ungkapnya.

Edral Gandi juga menyampaikan bahwa aplikasi yang digunakan dalam USBK ini sama dengan aplikasi yang digunakan ketika uji coba tahap 2. Aplikasi tersebut adalah All in One CBT (AIO-CBT). Server yang digunakan sebanyak 4 buah, 3 server aktif dan 1 server cadangan.

Sementara, tenaga teknis sebanyak 3 orang, proktor 12 orang dan pengawas ruang sebanyak 12 orang guru. Dengan demikian para peserta ujian tidak mengalami kendala ketika mengakses soal-soal ujian maupun mengirim jawaban mereka karena semuanya terlayani dengan maksimal.


Selanjutnya wakil kepala sekolah ini berharap agar seluruh panitia USBK tetap menjalin kerja sama yang baik untuk mensukseskan pelaksanaan ujian ini. Semua panitia harus memiliki komitmen dan dedikasi serta integritas dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing. Pelayanan kepada peserta didik adalah prioritas, jangan sampai ada kendala yang berarti. Ketika ada kendala, sesegera mungkin untuk melakukan koordinasi dan diskusi.

Ketika disinggung penerapan protokol kesehatan, ketua panitia ini menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan USBK tahun ini, pihak sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat kepada seluruh panitia. Pihak sekolah menerapkan 5M, semoga apa yang telah dilaksanakan ini semuanya bisa terhindar dari Covid-19 dan selalu sehat walafiat. (Humas SMANSA-Anw)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook