Dislutkan Raih Anugerah Peringkat Pertama Kategori Informatif

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 15 Maret 2021 16:24, Dibaca 329 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ir. H. Darliansjah, M.Si  menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2020 Kategori Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai Badan Publik Peringkat I Informatif. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (15/3/2021).

Penganugerahan ini diberikan dalam Implementasi Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik berdasarkan hasil pemeringkatan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik terhadap badan publik di wilayah Prov. Kalteng tahun 2020 yang diadakan di Gedung Smart Province Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Prov. Kalteng pada tanggal 2 – 3 Desember 2020 yang lalu. Dari 12 (dua belas) kualifikasi badan publik kategori Perangkat Daerah Prov. Kalteng, Dislutkan Prov. Kalteng meraih Peringkat 1 (satu) dengan nilai 96,54 dan kualifikasi “Informatif”.

(Baca Juga : BPSDM Provinsi Kalimantan Tengah Menuju Informatif)

Selanjutnya diikuti Dinas Kehutanan Prov. Kalteng dengan nilai 93,88 dan kualifikasi “Menuju Informatif” dan Dinas P3APP-KB Prov. Kalteng dengan nilai 91,85 dan kualifikasi “Menuju Informatif”. Dimana pada tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2019 Dislutkan Prov. Kalteng berada pada Peringkat 2 dengan kualifikasi “Menuju Informatif”.

Gubernur Kalteng dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P. mengingatkan bahwa setiap badan publik mempunyai kewajiban untuk membuka akses atas informasi publik yang berkaitan dengan badan publik tersebut untuk masyarakat luas. Dengan membuka akses publik terhadap informasi, diharapkan badan publik termotivasi untuk bertanggung jawab dan berorientasi pada pelayanan rakyat yang sebaik-baiknya. Dengan demikian, hal itu dapat mempercepat perwujudan pemerintahan yang terbuka yang merupakan upaya strategis mencegah praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), dan terciptanya kepemerintahan yang baik.


“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur, Bapak Wakil Gubernur, dan juga Bapak Sekda yang telah memberikan bimbingan, motivasi, serta saran kepada kami sehingga hari ini kami mampu mencapai badan atau dinas yang masuk dalam kategori Informatif. Terima kasih juga kepada jajaran Komisi Informasi Prov. Kalteng yang telah memberikan kepercayaan kepada PPID Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng,” ucap Kadislutkan Prov. Kalteng H. Darliansjah saat menyampaikan sambutannya.

“Ini tantangan bagi kami untuk selalu dan selalu meningkatkan keterbukaan informasi publik, selalu meningkatkan layanan informasi, selalu meningkatkan kredibilitas kami dalam memberikan layanan informasi keterbukaan informasi publik kepada seluruh pemangku kepentingan dan terus melakukan inovasi dan meningkatkan kreativitas dalam menyampaikan program-program Dislutkan kepada pemangku kepentingan, pemangku kebijakan, dan masyarakat,” tambah H. Darliansjah.

Di akhir sambutannya, H. Darliansjah menyampaikan, “Saya merasa bangga telah menjadi bagian dari Dislutkan Prov. Kalteng dan menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh Tim PPID Pembantu Dislutkan Prov. Kalteng dan seluruh ASN Dislutkan Prov. Kalteng yang telah bekerja keras sehingga dapat menghantarkan Dislutkan Prov. Kalteng sampai kepada pencapaiannya saat ini,” tutupnya.

Dalam penganugerahan ini, plakat diserahkan oleh Ketua Komisi Informasi Prov. Kalteng Daan Rismon. Di samping itu, diberikan pula piagam penghargaan dari Gubernur Kalteng dan Surat Keputusan Pemeringkatan. (TM/Foto:Adt/CK)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook