Sekda Prov. Kalteng: Jadikan Produk UMKM Indonesia Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Kontribusi dari Rikah Mustika, 10 Maret 2021 16:23, Dibaca 156 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri membuka acara Showcase Karya Kreatif Indonesia 2021 dan Penyerahan Secara Simbolis Program Sosial Bank Indonesia. Acara tersebut dilaksanakan di Swiss-bell Danum Hotel Palangka Raya, Rabu (10/3/2021).

Dalam sambutannya, Sekda mengatakan bahwa kondisi perekonomian Kalimantan Tengah (Kalteng) saat ini masih terkontraksi akibat pandemi covid-19. Oleh sebab itu, Pemerintah Daerah telah melakukan serangkaian upaya percepatan penanganan dampak covid-19, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi.

(Baca Juga : Jalur Yang Terputus Di Seruyan Sudah Tertangani)

Selain itu, penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat terdampak serta stimulus ekonomi bagi UMKM dan pelaku usaha terdampak covid-19 juga terus dilakukan, dengan harapan aktivitas produksi tetap dapat berjalan dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di dunia usaha dapat dihindari.

“Saat ini kita telah melihat dan menghadiri salah satu upaya dan kontribusi Bank Indonesia bagi perekonomian dan UMKM di daerah, yaitu diselenggarakannya kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) tahun 2021 di seluruh Indonesia. Kegiatan KKI ini merupakan bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), yang telah digaungkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 lalu,” ucapnya.

Melalui Gernas BBI ini, sambung Sekda, semua orang didorong untuk cinta dan bangga menggunakan produk lokal, serta berkontribusi terhadap ekonomi kerakyatan. Diharapkan melalui kegiatan KKI tahun 2021 ini, Bank Indonesia (BI) Prov. Kalteng dapat turut berpartisipasi memperluas Gernas BBI di masyarakat, sekaligus mendorong kemajuan UMKM Kalteng, untuk dapat naik kelas dan berkembang, dengan memanfaatkan peluang digitalisasi yang saat ini tengah tumbuh pesat.

Sekda menghimbau para perserta yang hadir untuk dapat berpartisipasi dalam KKI 2021 BI, baik dengan menghadiri showcase UMKM, melakukan transaksi pembelian, maupun mengajak kolega, kerabat, serta rekan sejawat, untuk turut mempromosikan produk UMKM terpilih Kalteng dan Nasional pada umumnya, dalam website KKI BI, yaitu www.karyakreatifindonesia.co.id.

“Saya berharap kita semua dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam mengembangkan kemajuan ekonomi Kalimantan Tengah melalui pembinaan kepada UMKM, sektor pariwisata, dan ekonomi kreatif, baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga dapat mendorong Gernas BBI 2021 yang telah diluncurkan pada 11 Januari 2021 ini, sesuai tema Gernas BBI 2021. Jadikan Produk UMKM Indonesia menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri,” tutupnya.

Perlu diketahui, BI terus bersinergi mendukung Pemerintah mensukseskan Gernas BBI dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI). Komitmen tersebut antara lain diwujudkan melalui penyelanggaraan KKI 2021 seri 1 yang bertema “Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata” yang digelar pada 3-31 Maret 2021 di Lombok dan seluruh Kantor Perwakilan BI. (Rkh / Foto: Biro Adpim)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook