Penggunaan Aplikasi Hanyaken Musuh Dalam Pelayanan Publik Berbasis Andorid dan IOS

Kontribusi dari Widianatalia, 22 Oktober 2018 15:45, Dibaca 1,812 kali.


MMCKalteng – Hanyaken Musuh merupakan aplikasi smartphone pelayanan publik berbasis Android dan IOS (masih dikembangkan) yang terintegrasi secara online dengan melibatkan multi instansi secara spesifik dibuat dengan tujuan untuk mendukung tugas Kepolisian RI untuk memonitoring Dana Desa, melayani dan memenuhi kebutuhan rasa aman masyarakat agar lebih prima, efisien dan respon cepat, hal ini di paparkan oleh Ditreskrimsus Polda Kalimantan Tengah AKP Benito Harleandra, S.I.K, pada kegiatan Rakernis Fungsi Reskrimsus dan Sosialisasi Aplikasi Hanyaken Musuh, Senin (22/10).

Garis besar aplikasi Hanyaken  Musuh ini adalah aplikasi dari Polri ke masyarakat, Polri ke Polri, Polri ke mitra Polri (Pemadam Kebakaran, Ambulance, Rumah Sakit, SPBU dll) dan dari Mitra Polri ke masyarakat.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Tinjau Lokasi Pembangunan dan Pengembangan Food Estate di Desa Bentuk Jaya A5, Kapuas)

Aplikasi Hanyaken Musuh  dirancang sedemikian rupa agar masyarakat dapat menggunakannya tanpa harus melakukan registrasi atau pendaftaran terlebih dahulu. Fitur yang dapat digunakan oleh masyarakat tanpa harus melakukan registrasi terlebih dahulu yaitu informasi terkini, Berita Nasional, informasi lokasi kantor polisi, lokasi kantor pemerintahan, lokasi SPBU, nomor-nomor penting, SAMSAT dan berbagai informasi lain yang bermanfaat tinggi bagi penggunanya. Sedangkan, untuk fitur utama seperti tombol bantuan darurat, pengaduan, laporan polisi, pengajuan pembuatan SIM baru/perpanjangan dan pengajuan SKCK baru/perpanjangan dengan terlebih dahulu harus melakukan registrasi. Untuk melakukan registrasi tahap yang dilakukan dengan memasukan data yang sudah diverifikasi kebenarannya oleh Dukcapil berupa Kartu Identitas Penduduk (KTP), SIM, Passport, nomor telepon dan foto. Aplikasi Hanyaken Musuh terbagi untuk beberapa pengguna seperti masyarakat, Polisi, Mitra Polisi dan Operator.

Fitur unggulan Hanyaken Musuh masyarakat berisi fitur berupa registrasi, Dana Desa, berita terbaru, fasilitas Publik, call center (110), Live Chatting, Pengaduan, orang dicari, halo polisi, SKCK, pembuatan Surat Kehilangan, simulasi tes SIM, pengajuan SIM baru dan perpanjangan dan bantuan. Pada saat melakukan registrasi, masyarakat (pengguna) harus mengisi data yang valid seperti data diri sesuai KTP, nomor telepon, kota domisili, passport dan sesuai KTP selanjutnya mengupload foto KTP. Setelah data pribadi valid diisi, aplikasi Hanyaken Musuh akan mengirim data IMEI dan data lokasi sesuai GPS (apabila diaktifkan) juga lokasi BTS Provider (operator telepon seluler). Selanjutnya data tersebut akan tersusun dan secara otomatis teranalisis sehingga data tersebut akan menjadi informasi yang berguna dikemudian hari, misalnya sebagai bahan atau data pada saat pengungkapan kasus.

Aplikasi Hanyaken Musuh Polisi digunakan khusus oleh jajaran Kepolisian yang memiliki bermacam-macam fitur dan fungsi. Sedangkan, untuk aplikasi Hanyaken Musuh Mitra Polisi diperuntukkan untuk Mitra Polisi seperti mobil ambulance milik Rumah Sakit, Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana, PLN dan instansi bantuan masyarakat lainnya. Dan Aplikasi Hanyaken Musuh Operator berfungsi untuk memonitoring masyarakat yang meminta bantuan dan berkoordinasi dengan petugas Polisi yang sedang berada dilapangan. (Foto:Asep)

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook