Gubernur Kalteng Tinjau Saluran Irigasi Sekunder di A1 dan Saluran Primer Sungai Sambu di Desa Bentuk Jaya, Kabupaten Kapuas

Kontribusi dari Widia Natalia, 06 Maret 2021 20:31, Dibaca 280 kali.


MMCKalteng – Kapuas – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melakukan peninjauan di saluran irigasi sekunder di A1 dan meninjau saluran primer sungai sambu yang terletak di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Sabtu (06/03/2021). Peninjauan ini merupakan rangkaian dari kunjungan kerja Gubernur di Kabupaten Kapuas.

Disela-sela kunjungannya, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengajak seluruh masyarakat Kalteng untuk turut mensukseskan Food Estate. Gubernur berharap dengan adanya program ini mampu meningkatkan produktifitas para petani, meningkatkan hasil dari pertanian serta dapat membuka lapangan pekerjaan.

(Baca Juga : Barito Timur Siap Jadi Sentra Baru Bawang Merah Kalimantan)

Saat dilakukan peninjauan, saluran irigasi sekunder di A1 dan saluran primer sungai sambu saat ini sedang dipasang pompa oleh Kementerian Pertanian. Pemasangan pompa pada saluran irigasi untuk membantu mengeluarkan air dari lahan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Prov. Kalteng Hj. Sunarti menambahkan bahwa peninjauan saluran irigasi oleh Gubernur untuk melihat secara langsung pemasangan pompa di dua saluran irigasi di Desa Bentuk Jaya.

“Pada peninjauan kali ini, pertama, Bapak Gubernur meninjau saluran irigasi sekunder di A1 yang saat ini sedang dipasang pompa oleh Kementerian Pertanian untuk membantu mengeluarkan air dari lahan. Kedua, meninjau saluran primer sungai sambu yang juga dipasang pompa air dengan kapasitas lebih besar yakni 22 PK. Itu juga salah satunya untuk mengurangi air yang ada dilahan”, jelas Hj. Sunarti.


Beberapa waktu lalu pada Jumat (12/02/2021), lokasi ini telah dikunjungi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) Momon Rusmono beserta rombongan. Pada kesempatan tersebut, Sekjen Kementerian Pertanian Momon Rusmono mengatakan kedatangan dirinya beserta rombongan ke Kalteng dengan 2 tujuan utama.

Pertama untuk melihat perkembangan Food Estate di Kecamatan Dadahup, Kapuas terutama yang luasnya 1.000 Ha. Kedua, percepatan tanam di Kabupaten Kapuas dengan target yang 20.000 Ha.

Momon Rusmono juga mengatakan terkait permasalahan yang ditemukan saat melakukan peninjauan yakni banjir di sekitar lahan akibat musim hujan, pihaknya akan melakukan pemasangan pompa dengan kapasitas cukup tinggi di beberapa saluran yang perlu dibuka atau ditutup sehingga air segera diharapkan segera surut.

Nampak hadir mendampingi Gubernur diantaranya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Prov. Kalteng H. Shalahudin, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Prov. Kalteng Yuren S. Bahat dan Kepala Biro Umum Setda Prov. Kalteng Lisda Arriyana. (WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook