Gubernur Kalteng Tinjau Lahan Pengembangan Food Estate dan Saluran Irigasi di Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup, Kapuas

Kontribusi dari Widia Natalia, 06 Maret 2021 20:23, Dibaca 168 kali.


MMCKalteng – Kapuas – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas, Sabtu (06/03/2021). Dalam kunjungan kerjanya kali ini Gubernur melakukan peninjauan lahan pengembangan Food Estate dan saluran irigasi di Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.


Kedatangan orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut disambut oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Prov. Kalteng Hj. Sunarti. Nampak hadir mendampingi Gubernur diantaranya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Prov. Kalteng H. Shalahudin, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Prov. Kalteng Yuren S. Bahat dan Kepala Biro Umum Setda Prov. Kalteng Lisda Arriyana.

(Baca Juga : Dekranasda Prov. Kalteng Gelar Rapat dan Halal bi Halal di Istana Isen Mulang)

Kunjungan Gubernur kali ini dalam rangka memastikan pengembangan Food Estate di Kabupaten Kapuas dengan harapan dengan adanya kebijakan ini mampu meningkatkan produktifitas para petani, meningkatkan hasil dari pertanian serta dapat membuka lapangan pekerjaan. Lokasi peninjauan merupakan lokasi existing yang diberdayakan kembali dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Khususnya dan Kalteng pada umumnya.

Beberapa waktu lalu, lokasi ini telah dikunjungi Dirjen Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian. Ini merupakan wujud komitmen nyata dari Pemerintah Pusat, dan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi bahwa kita harus optimis, food estate di Kalteng berhasil.

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo melalui Kementerian terkait telah mempercayakan Prov. Kalteng melaksanakan program pengembangan food estate sebagai daerah yang diharapkan menjadi lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa. Kawasan lokasi lumbung pangan tersebut berada di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

Food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan. Food Estate ini menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook