Bunda Literasi Kalteng Didaulat sebagai Narasumber pada Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat

Kontribusi dari Widia Natalia, 02 Maret 2021 15:17, Dibaca 91 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Bunda Literasi Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran didaulat sebagai Narasumber di acara Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (01/03/2021). Bunda Literasi Prov. Kalteng membawakan materi tentang Peran Bunda Literasi Dalam Meningkatkan Budaya Baca di Kalteng.


Kegiatan ini mengangkat tema Penguatan Sisi Hulu dan Hilir Budaya Baca Guna Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Indonesia. Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

(Baca Juga : PPTTG-LIPI Subang Membuka Stan di Pameran Gelar Karya Kalteng 2018)

Bunda Literasi Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran dalam paparannya menyampaikan Peran Bunda Literasi. Terdapat 6 peran yang disampaikan Ivo Sugianto Sabran.

Pertama, mengampanyekan Gerakan Nasional Gemar Membaca di berbagai kalangan melalui berbagai media yang ada di Provinsi. Kedua, sebagai Figure/Role Model pembudayaan kegemaran membaca di Provinsi.

Ketiga, berperan aktif menyukseskan program daerah dalam menumbuhkembangkan kegemaran membaca masyarakat melalui kegiatan pembudayaan membaca masyarakat di Provinsi. Keempat, mendorong Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita di Tingkat Provinsi untuk secara aktif melakukan sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Kelima, menjadi model dalam media promosi baik berbentuk billboard, poster dan stiker “Pembudayaan Kegemaran Membaca”. Terakhir,  sebagai Pembicara atau narasumber dalam berbagai kegiatan pertemuan/promosi, baik  dalam bentuk seminar, diskusi, lokakarya yang berkaitan dengan peningkatan kegemaran budaya membaca masyarakat.

Ivo Sugianto Sabran menyampaikan strategi yang dilakukan diantaranya bersinergi dengan Pokja PAUD, PKK dan Dharma Wanita Provinsi dan bersinergi dengan Pokja PAUD, PKK dan Dharma Wanita Kabupaten/Kota.

Pada kegiatan Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, juga menghadirkan narasumber lainnya yakni Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando dan Rektor IAIN Palangka raya H. Khairil Anwar.  Turut hadir Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Prov. Kalteng Sri Widanarni serta seluruh Rektor Perguruan Tinggi di Palangka Raya.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook